Alasan Mengapa Ibu Hamil Tidak Boleh Tidur Terlentang

Alasan Mengapa Ibu Hamil Tidak Boleh Tidur Terlentang www.produsenobat.com,- Posisi tidur bagi ibu hamil tentunya bukan hal sepele yang harus di kesampingkan. Selain dapat membuat ibu hamil lebih nyaman nyatanya posisi tidur ibu hamil juga memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil serta mencegah berbagai keluhan pada ibu hamil. Bagaimana dengan tidur terlentang? tidur terlentang pada ibu hamil memang dinilai aman namun mengapa tidur terlentang tidak di sarankan bagi ibu hamil? simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Alasan Mengapa Ibu Hamil Tidak Boleh Tidur Terlentang

Memasuki trimester kedua biasanya para ibu hamil banyak mengeluhkan ketidaknyaman posisi tidur apalagi saat memasuki trimester kedtiga dimana ukuran perut sudah semakin membesar. Posisi tidur apapun nyatanya dapat dipilih semua orang namun untuk ibu hamil tentunya tidak boleh sembarangan. Beberapa posisi tidur berbahaya bagi ibu hamil yang harus di hindari yaitu tidur tengkurap, tidur sambil duduk, tidur terlentang dengan posisi kepala lebih tinggi, tidur miring ke kanan, juga terlentang pada trimester kedua.

Loh ko tidur terlentang tidak boleh bagi ibu hamil padahal posisi tersebut di nilai aman-aman saja. Faktanya tidur terlentang memiliki efek buruk bagi kesehatan ibu hamil juga janin. Bahkan menurut dr. Richard Henderson pakar kehamilan dan kandungan dari Amerika Serikat membenarkan jika tidur terlentang pada ibu hamil dapat berbahaya bagi janin. Tentu saja bukan tanpa alasan nyatanya posisi tidur terlentang pada ibu hamil dapat menyebabkan sirkulasi darah ke jantung melambat akibat dari adanya tekanan pada usus dan pembuluh darah oleh beban rahim. Alhasil jantung akan kesulitan dalam mempompa oksigen dan mengalirkan darah ke organ tubuh lainnya termasuk pada janin.

Fungsi darah sendiri sangatlah penting bagi janin dalam kandungan dimana darah darah menjadi sumber oksigen juga zat gizi. Bahkan adanya gangguan sirkulasi darah pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan pada detak jantung janin.

Selain gangguan pada janin nyatanya tidur terlentang juga dapat menyebabkan beberapa keluhan pada ibu hamil seperti sakit punggung, wasir, sesak napas, tekanan darah rendah, pusing, hingga gangguan pencernaan. Namun pada dasarnya tidur terlentang beberapa menit pada ibu hamil memang masih dikatakan aman, namun jika di lakukan setiap malam makan akan beresiko tinggi pada kesehatan ibu juga janin.

Lalu posisi tidur bagui ibu hamil yang di sarankan itu bagaimana? posisi tidur bagi ibu hamil yang benar yaitu miring ke kiri dengan lutut di tekuk. Nyatanya posisi tidur miring ke kiri dapat melancarkan sirkulasi darah juga meminimalisir tekanan pada janin. Agar semakin nyaman ibu hamil juga dapat menempatkan bantal pada kedua kaki.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Agar Tetap Aktif Bekerja Meski Sedang Hamil

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua

Mengatasi Rasa Depresi Saat Hamil Muda