Apakah Miom Di Rahim Harus Ditangani Dengan Operasi?

Apakah Miom Di Rahim Harus Ditangani Dengan Operasi www.produsenobat.com,- Penyakit miom merupakan tumor jinak yang muncuk di sekitar rahim dan tidak bersifat ganas. Miom dapat tumbuh di area dinding rahim , diluar rahim, hingga di dalam rahim. Diketahui miom tumbuh pada wanita dalam usia produktif. Meskipun tergolong tumor jinak sering kali para wanita merasa khawatir karena konon katanya miom ini bisa menjadi penyebab infertilitas (gangguan kesuburan). Dan mungkin sering kali wanita mendengar jika pasien yang mengidap miom harus ditangani dengan jalan operasi. Apakah operasi menjadi jalan yang harus di tempuh untuk mengatasi miom? simak ulasannya berikut ini.

Pada dasarnya penyakit miom sering kali tidak menunjukan gejala tertentu apalagai jika ukurannya masih kecil. Maka dari itu penyakit miom ini sering kali ditemukan dengan tidak sengaja saat melakukan pemeriksaan. Namun ada beberapa gejala miom yang biasanya muncul pada sebagian wanita seperti:

  • Menstruasi sakit, lebih banyak dan lebih lama 1 minggu lebih
  • Pendarahan diluar masa menstruasi
  • Perut terasa penuh dan membesar
  • Nyeri perut dan punggung bagian bawah
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Konstipasi atau sembelit
  • Sering buang air kecil
  • Keguguran hingga kemandulan

Hingga kini penyebab miom masih belum diketahui secara pasti. Namun beberapa ahli berpendapat jika panyakit miom ini berkaitan erat dengan hormon estrogen. Peningkatan hormon estrogen pada usia produktif sekitar 15 sampai 50 tahun dinilai sedang tinggi-tingginya. Diketahui juga penyakit miom ini sering kali ditemukan pada wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas. Dan yang terakhir miom juga sangat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan.

Beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan seseorang terserang miom yaitu menstruasi yang terlalu dini, sering mengkonsumsi daging hingga kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Lalu apakah miom harus selalu di operasi? Tidak setiap miom harus selalu ditangani dengan operasi terlebih lagi miom dengan ukuran kecil dan tidak menyebabkan gejala. Namun yang perlu di ingat pastikan untuk rutin memeriksa perkembangan pertumbuhan miom.

Pada dasarnya miom akan menyusut dengan sendirinya saat memasuji masa menopause. Dalam beberapa kasus wanita yang sudah memasuki masa menopause miom biasanya akan mengecil hingga hilang tanpa pengobatan.

Biasanya untuk miom dengan ukuran besar juga menyebabkan gejala untuk mengatasintya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi keluhan. Dan tindakan operasi biasanya di ambil jika pemberian obat-obatan tidak membantu bahkan meringkan gejala yang di rasakan. Dan yang lebih penting tindakan operasi biasanya diambil jika pasien mengalami pendarahan hebat yang menyebabkan anemia kronis.

Adapun hal lain yang dapat meningkatkan jalan operasi sebagai langkah yang harus di tempuh untuk mengatasi miom yaitu jika miom tumbuh membesar sehingga berpengaruh pada bentuk rahim. Tindakan operasi pun sering kali di ambil jika tumbuhnya miom menjadi penyebab wanita sulit hamil, mandul, hingga miom tidak menyusut walauoun sudah memasuki masa menopasue.

Baca juga artikel lainnya:

Mengobati Miom Secara Alami Tanpa Operasi

Amankah Tampon Bagi Kesehatan Vagina Wanita?

Mengenail Lebih Dekat Gejala Kanker Serviks

Cara Menghitung Masa Subur Jika Ingin Cepat Hamil

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar