Bahaya Sering Mengucek Mata

Inilah Bahaya Sering Mengucek Mata Dengan Tangan Kotor www.produsenobat.com,- Sering kali tanpa sadar kita mengucek mata dengan tangan. Ya hal tersebut memang kerap di lakukan secara reflek ketika mata terasa gatal, perih, ataupun lelah. Efeknya ya memang terasa biasanya setelah mengucek, mata akan terasa lebih nyaman tapi apakah mengucek mata ini aman? Faktanya setelah anda selesai mengucek mata untuk beberapa saat mungkin mata akan terasa nyaman, namun rasa perih dan gatal akan timbul kembali. Selain itu diketahui mengucek mata memiliki dampak bahaya bagi kesehatan bahkan bisa menyebabkan kelainan pada mata. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Mengucek mata mungkin terlihat sebagai kebiasaan sepele yang bebas saja di lakukan. Padahal menurut pakar kesehatan kebiasaan sering mengucek mata memiliki dampak bahaya bagi kesehatan. Maka dari itu pakar kesehatan tidak menyarankan untuk mengucek mata saat mata perih atau gatal.

Saat mata terasa lelah, gatal, perih, hingga iritasi ada baiknya menggunakan obat tetes mata untuk mengembalikan kelembaban mata sehingga akan terasa lebih nyaman. Lalu apa saja bahaya mengucek mata yang harus di ketahui? berikut ulasannya.

Mata menjadi kemerahan
Mengucek mata nyatanya dapat menyebabkan mata kemerahan. Tentunya bukan tanpa alasan diketahui kulit area mata lebih sensitif dan lebih tipis. Maka tidak heran saat anda mengucek mata, maka mata akan terlihat kemerahan karena pembuluh darah kecil area tersebut mengalami pelebaran dan pecah. Tidak hanya membuat mata merah, mengucek mata juga dapat menyebabkan kerutan di area bawah mata yang tentunya sangat mengganggu penampilan.

Terpapar kuman
Tangan kotor atau belum di cuci tentunya kaya akan bakteri atau kuman. Tidak hanya dapat menginfeksi kulit saja, nyatanya mengucek mata menggunakan tangan kotor menjadi media perpindahan bakteri atau kuman dari tangan ke mata. Akibat adanya infeksi bakteri dan kuman maka mata bisa mengalami berbagai keluhan salah satunya iritasi.

Cedera mata
Saat mengucek mata tentunya anda melakukan penekanan pada mata atau bola mata. Tekanan pada bola mata yang terlalu keras bisa menyebabkan cedera kornea dan retina mata hingga menyebabkan kornea robek.

Merusak penglihatan
Saat anda sering mengucek mata terutama dengan keras nyatanya hal tersebut dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Hal tersebut memang benar adanya bahkan mengucek mata bisa menyebabkan kerusakan pada saraf mata hingga menyebabkan kebutaan.

Glaukoma
Glaukoma merupakan masalah mata yang menyebabkan gangguan pada daya penglihatan hingga menyebabkan kebutaan. Lalu apa hubungannya dengan mengucek mata, faktanya mengucek mata bisa menjadi penyebab glaukoma. Karena saat mengucek mata akan terjadi penekanan pada bola mata dan hal tersebit dapat meningkatkan risiko anda terkena glaukoma.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mengatasi Mata Lelah

Ingin Mata Tetap Sehat? Ini Cara Menjaga Kesehatannya!

Wortel, Tidak Hanya Menyehatkan Mata dan Jantung

Cara Mencegah dan Menghilangkan Kantung Mata