Manfaat Bawang Putih Tak Sekedar Bumbu Masak

Manfaat Bawang Putih Tak Sekedar Bumbu Masakwww.produsenobat.com,- Tak hanya terkenal sebagai bumbu masak, bawang putih juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Banyak studi membuktikan bawang putih mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan mampu memperbaiki sirkulasi darah, serta menghindari risiko penyakit jantung. Berikut akan kami jelaskan mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan yang meskipun belum terbukti 100 persen namun perlu dicoba karena apapun yang tumbuh dari alam dijamin memberikan manfaat, termasuk bawang putih.

Bawang Putih Bukan Sekedar Bumbu Masak

Manfaat Bawang Putih Tak Sekedar Bumbu Masak

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
Manfaat bawang putih mentah yang satu ini sudah sangat terkenal. Banyak yang percaya dan membuktikan bahwa ekstrak bawang putih mampu menurunkan tekanan darah pada mereka yang menderita hipertensi. Hal ini dikarenakan bawang putih bisa membuat pembuluh darah melebar serta mampu mengendurkan otot halus. Selain itu, bisa juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Namun hal ini bukan berarti bawang putih merupakan obat hipertensi karena mengenai hal tersebut perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

Baik untuk usus dan jantung
Sebuah penelitian terhadap tikus membuktikan senyawa alami yang ada pada bawang putih bisa membantu melindungi jantung dari kerusakan setelah serangan jantung. Nama senyawa tersebut adalah diallyl trisulfida yang diyakini bisa dijadikan obat gagal jantung. Diallyl trisulfida juga disinyalir bisa melawan bakteri penyebab infeksi usus. Hal tersebut membuktikan bahwa bawang putih cocok dijadikan antibiotik untuk mengurangi penyakit yang diakibatkan bakteri yang ada di lingkungan sekitar.

Bisa dijadikan pencegah kanker
Sebuah studi mengungkapkan bahwa jika seseorang mengonsumsi bawang putih mentah seminggu dua kali maka risiko kanker bisa dicegah itu merupakan khasiat mengkonsumsi bawang putih mentah. Terutama kanker paru-paru dan kanker prostat. Dalam bawang putih juga terdapat senyawa organo sulfur yang diyakini bisa membunuh sel kanker otak. Namun untuk membuktikan kebenarannya 100 persen memang perlu dilakukan kajian lebih lanjut.

Membantu mencegah flu dan pilek
Seperti yang sudah dijelaskan tadi, manfaat bawang putih untuk tubuh bisa dijadikan sebagai antibiotik. Begitu juga dalam melawan virus influenza. Orang yang rutin mengonsumsi bawang putih dijamin memiliki daya tahan yang baik sehingga risiko terkena pilek bisa terkurangi. Hal ini memang masih menjadi penemuan dini dan belum dilakukan penelitian lebih lanjut.

Khasiat bawang putih bisa lebih maksimal ketika Anda memasaknya tidak terlalu matang sehingga kandungan dan senyawa pentingnya masih utuh. Jika Anda tertarik untuk tahu lebih banyak mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh manusia dan berapa takaran dalam mengonsumsinya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli gizi ataupun dokter. Terlebih jika Anda mempunyai kondisi medis tertentu.

Baca juga artikel lainnya:

Waspadai Efek Minuman Berenergi

Bawang Merah Bukan Sekedar Penyedap Masakan

Save

Save

Save

Save

Save

Save