Benarkah Melinjo Menjadi Penyebab Asam Urat Naik?

Benarkah Melinjo Menjadi Penyebab Asam Urat Naik?  www.produsenobat.com,- Tentunya anda sudah tidak asing dengan melinjo, ya tanaman yang berasal dari Asia ini sering kali ditemukan pada sayur asem hingga dijadikan emping. Tentu saja rasa melinjo ini sangatlah enak maka tidak heran menlinjo banyak di favoritkan orang-orang. Namun banyak berita yang beredar jika melinjo ini menjadi makanan yang tidak disarankan bagi penderita asam urat. Diketahui melinjo ini bisa menyebabkan kadar asam urat meningkat. Benarkah demikian? simak ulasannya berikut ini.

Melinjo merupakan tanaman berbiji terbuka yang berasal dari Asia tropik, Pasifik Barat, dan Melanesia. Dalam bahasa latinnya melinjo disebut dengan Gnetum gnemon Linn. Di beberapa daerah melinjo dikenal dengan sebutan tangkil, belinjo, mlinjo, bago, dan khalet. Pada dasarnya pohon melinjo ini banyak ditanam di pekarangan rumah berfungsi sebagai peneduh. Tanaman melinjo ini biasanya di manfaatkan daunnya dan bijinya sebagai sayuran. Bahkan biji melinjo ini banyak dijadikan sebagai emping camilan yang banyak digemari.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak nyatanya melinjo ini mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Diketahui melinjo mengandung antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas penyebab penuaan dini, pikun, hingga penyakit berat lainnya. Tidak hanya itu saja melinjo juga mengandung protein tinggi hingga antimikroba alami.

Namun dibalik kandungan nutrisi melinjo yang melimpah, banyak mitos yang menyebutkan jika melinjo ini menjadi salah satu penyebab asam urat naik? benarkan demikian? Faktanya melinjo memang bisa menyebabkan kadar asam urat naik karena melinjo mengandung purin tinggi. Kandungan purin yang masuk kedalam tubuh secara otomatis akan di proses didalam tubuh atau akan di metabolisme tubuh menjadi asam urat. Sebenarnya jika kadar asam urat didalam tubuh normal akan diproses ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Namun berbeda kondisinya jika kandungan purin didalam tubuh terbilang tinggi bisa menyebabkan pengendapan membentuk kristal asam urat yang menyebabkan rasa sakit.

Asam urat ini memang sangat erat kaitannya dengan kandungan purin didalam tubuh. Penyakit asam urat sendiri muncul dengan beberapa gejala seperti nyeri sendi hingga pembengkakan. Dalam kondisi asam urat yang kronis dan tidak mendapatkan penanganan cepat maka bisa menyebabkan kerusakan permanen pada persendian. Alhasil penderita bisa kesulitan bergerak hingga berjalan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan seseorang terserang lumpuh.

Memang benar melinjo dapat meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh namun jika itu dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi. Penderita asam urat memang masih bisa mengkonsumsi melinjo namun ingat dalam kadar yang sangat rendah karena jika tidak maka penyakit asam urat anda dapat kambuh. Mengolah melinjo dengan benar tanpa di goreng bisa menurunkan kadar asam urat namun ingat dalam jumlah yang rendah.

Baca juga artikel lainnya:

Pemicu Penyakit Rematik Asam Urat

Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami

Makanan Sehat Untuk Pengidap Asam Urat Akut

Sayuran Untuk Mengobati Radang Sendi