Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi

Tips Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi Baru Lahir Yang Efektif www.produsenobat.com,- Mungkin sebagian dari kita tidak terlalu tahu apa itu gumoh apalagi untuk anda yang belum mempunnyai bayi. Ya gumoh sendiri memang sering kali di alami bayi baru lahir namun banyak orang tua yang salah mengartikan jika gumoh itu sama dengan muntah. Lantas apa bedanya gumoh dan muntah pada bayi? dan bagaimana cara mengatasinya? simak ulasannya berikut ini.


Tips Cara Mengatasi Gumoh Pada Bayi Paling Efektif

Gumoh sendiri merpakan kondisi dimana bayi mengeluarkan susu setelah selesai menyusu. Dalam bahasa sunda gumoh juga dikenal dengan sebutan olab. Pada dasarnya gumoh sendiri dapat terjadi pada bayu baru lahir sekitar tiga bulan pertama. Gumoh sendiri bisa di katakan sebagai hal yang wajar terlebih lagi pada bayi yang baru lahir.

Diketahui beberapa organ pada bayi baru lahir memang belum berfungsi secara sempurna salah satunya katup antara esofagus dan lambung.Katup tersebut memiliki fungsi untuk mencegah makanan yang sudah masuk ke lambung tidak lagi naik keatas. Nah pada bayi baru lair fungsi katup tersebut belum berfungsi secara optimal maka tidak heran jika makanan dapat lagi keluar atau sering di sebut gumoh. Tidak hanya itu saja nyatanya gumoh juga dapat muncul akibat dari ukuran lambung bayi masih terlalu kecil.

Nah pada kenyataannya para orang tua sering salah mengartikan jika gumoh sama dengan muntah. Gumoh sendiri nyatanya memang berbeda dengan muntah, pada saat bayi gumoh kondisinya normal bahkan sehat tidak mengalami gangguan kesehatan lainnya. Tentunya berbeda dengan muntah, saat bayi mengalami muntah-muntah biasanya di iringi rewel hingga penurunan berat badan. Namun perlu di ingat meskipun gumoh ini bisa di katakan sebagai hal wajar-wajar saja namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Saat bayi mengalami gumoh yang tidak wajar dengan ciri-ciri bayi terlihat kesakitan, berat badan tidak bertambah, perubahan susu yang dikeluarkan, enggan menyusu, sesak, hingga batuk maka ada baiknya segera memeriksakannya ke dokter.

Ada beberapa penyebab gumoh pada bayi seperti posisi menyusui yang salah, pemberian susu yang terlalu banyak, fungis pencernaan bayi yang belum berfungsi secara optimal, hingga bayi yang terlalu aktif. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi gumoh pada bayi, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan posisi bayi miring saat di susuiagar ASI dapat turun ke bawah secara optimal
  • Sendawakan bayi setelah selesai menyusu
  • Hindari memberikan ASI atau susu dalam jumlah yang banyak sebaiknya berikan ASI atau susu sedikit namun dalam frekuensi yang sering
  • Batasi aktifitas bayi setelah menyusu, pastikan bayi tidak terlalu aktif setelah menyusu
  • Jika menggunakan dot bayi pastikan lubang dotnya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Lubang dot yang terlalu kecil dapat menyebabkan udara masuk lebih banyak. Sedangkan lubang dot yang terlalu besar dapat menyebabkan susu masuk lebih cepat yang dapat menyebabkan bayi mengalami gumoh.
  • Setelah selesai menyusui pastikan bayi tidak di dudukan. Bayi yang duduk setelah menyusu dapat menyebabkan tekanan pada perut sehingga gumoh akan lebih mudah muncul
  • Saat bayi mengalami gumoh sangat di sarankan untuk memiringkan posisi bayi atau tengkurap agar cairannya dapat keluar hingga tuntas. Usahakan jangan langsung mengangkat bayi saat gumoh karena dapat menyebabkan cairan yang hendak keluar masuk ke paru-paru

Itulah bebeerapa cara mengatasi gumoh pada bayi baru lahir secara aman yang bisa bunda lakukan. Namun ingat pastikan untuk selalu mengecek kondisi bayi, jika gumoh terjadi lebih sering dengan beberapa gejala yang tidak wajar maka sangat di sarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter agar langsung mendapatkan penanganan.

Baca juga artikel lainnya:

Gejala Alergi Susu Pada Bayi Yang Wajib Diketahui Bunda

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Tidak Kunjung Sembuh

Tips Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi