Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas dan Perih

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas

Banyak hal yang menyebabkan kulit wajah mengelupas. Diantaranya karena terbakar sinar matahari, kulit kering, alergi, eksim, sampai efek obat-obatan. Bagi Anda yang sering beraktvitas di bawah sinar matahari dan jarang memakai sun lotion, bisa jadi kulit Anda mengelupas. Biasanya, ada beberapa fase yang terjadi seperti kulit terasa sakit, merah, dan panas saat disentuh. Pengelupasan yang terjadi akan membuat warna kulit tidak merata dan kurang elok.

Anda yang mempunyai kulit kering, risiko kulit wajah mengelupas biasanya lebih tinggi. Terlebih jika sering bersentuhan dengan krim yang mengandung zat kimia, sabun, air panas, serta dinar matahari. Mempunyai kulit kering sebenarnya tidak membahayakan, hanya bisa saja mengalami gangguan serius seperti iktiosis, gangguan kulit turunan.

Kulit mengelupas bisa pula disebabkan alergi. Umumnya dikarenakan kulit wajah bersentuhan dengan zat pemicu alergi. Reaksi yang ditimbulkan bukan hanya pengelupasan kulit, tetapi juga bisa disertai dengan ruam, gatal-gatal, serta kulit melepuh.

Begitu juga dengan efek obat-obatan seperti krim retinoid yang bisa membuat kulit mengelupas. Krim tersebut biasa dipakai untuk mengurangi kerutan, mengatasi jerawat, hingga mencerahkan flek-flek coklat pada wajah. Cara kerja krim ini adalah dengan mendorong sel-sel kulit untuk beregenerasi. Alhasil, kulit lapisan atas wajah mengelupas untuk membuka jalan tumbuhnya sel-sel kulit baru.

Lalu bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas karena jerawat?

Yang harus dilakukan adalah dengan mengonsumsi banyak air, mengompres kulit dengan air dingin, rutin mengoleskan pelembap terlebih setelah beres mandi. Jika kulit mengelupas disertai dengan rasa sakit, bisa meminum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan naproxen. Namun pada dasarnya, penanganan kulit mengelupas sebaiknya berdasarkan pada penyebab:

  • Jika kulit mengelupas karena eksim, pertama-tama konsultasikan dulu ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan resep krim yang mengandung corticosteroid, pimecrolimus, atau tacrolimus.
  • Jika kulit mengelupas karena alergi, maka biasanya pasien mengonsumsi obat antihistamin yang bisa meringankan reaksi yang ditimbulkan alergi.
  • Jika kulit mengelupas karena obat-obatan, cara yang paling jitu adalah dengan berhenti mengonsumsi obat-obatan tersebut. Namun jika sedang menjalani kemoterapi, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menghentikan pengobatan.

Ketika kulit mengelupas, hindarkan kulit dari hal-hal yang bisa memperburuk kondisi seperti sabun, krim lotion yang mengandung zat keras, hindarkan kulit dari paparan sinar matahari langsung, serta kondisi cuaca ekstrem yang sangat panas atau sangat dingin. Beberapa tips jika kulit wajah mengelupas diatas bisa anda coba. Semoga bermanfaat