Cara Mudah Mencukur Bulu Kemaluan Agar Tidak Gatal

Cara Mudah Mencukur Bulu Kemaluan Agar Tidak Gatal

www.produsenobat.com,- Ketika seseorang menginjak usia puber, hormon androgen meningkat pada tubuh. Hormon tersebut merangsang tumbuhnya bulu-bulu halus pada beberapa bagian tubuh. Salah satunya pada bulu kemaluan. Sebagian orang mungkin merasa terganggu dengan keberadaan bulu kemaluan. Oleh karena itu mereka lebih memilih mencukurnya. Bahkan mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan sering dilakukan untuk mempermudah proses persalinan. Berikut kami berikan informasi kepada Anda mengenai cara mudah dan murah menghilangkan bulu kemaluan agar tidak gatal.

Cara Mudah Mencukur Bulu Kemaluan Yang Aman

Mencukur bulu kemaluan wanita menurut kesehatan memang sah-sah saja jika dilakukan dengan benar dan menggunakan alat yang steril. Cara yang paling gampang adalah dengan memakai alat cukur. Selain aman, metode ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun bagi beberapa orang yang belum mahir, mencukur bulu kemaluan bisa menimbulkan beberapa risiko seperti iritasi, bisul, infeksi, bulu tumbuh ke dalam, dan lain-lain. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum mencukur bulu kemaluan agar nantinya tidak menyebabkan gatal. Banyak kasus yang terjadi setelah mencukur bulu kemaluan menjadi gatal dan perih. Oleh karena itu, untuk bisa mencukur yang baik, benar, dan aman, perhatikan hal-hal dibawah ini:

Perhatikan dalam memilih alat cukur
Secara umum, ada dua jenis alat cukur yakni elektrik dan manual. Untuk pemula sebaiknya pilih alat cukur manual dengan desain yang bisa menjangkau area intim secara mendalam. Menggunakan alat cukur manual, Anda bisa mengontrol sendiri gerakan pisau cukur dengan perlahan arag tidak melukai daerah intim. Untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan, hindari menggunakan alat cukur yang pernah dipakai orang lain.

Menggunakan krim cukur
Pilih yang mengandung pelembap untuk mencegah kulit menjadi kering. Manfaat penggunaan krim cukur ini adalah untuk melindungi kulit dari luka. Sebaiknya jangan menggunakan krim yang mengandung alkohol karena membuat kulit lebih mudah iritasi. Cara mencukur bulu kemaluan dengan krim tidak menyebabkan sakit juga perih.

Perhatikan cara mencukur
Sebelum mencukur bulu kemaluan dilakukan, gunting terlebih dahulu agar lebih pendek dan memudahkan proses pencukuran. Mulai mencukur bulu dari akarnya secara satu arah sebaiknya dari atas ke bawah. Jangan mencukurnya dengan arah berlawanan.

Jaga agar tetap kering
Setelah mencukur, bersihkan area lalu diamkan kulit sejenak. Jangan gunakan minyak, krim, maupun gel setelah proses pencukuran dilakukan. Hal tersebut akan menyumbat akar bulu.

Selain menggunakan alat cukur, bisa pula menggunakan krim. Yang satu ini lebih mudah karena Anda cukup mengoleskan krim pada area berbulu lalu usap pakai handuk. Bulu akan rontok dengan sendirinya. Namun karena mengandung zat kimia, maka beberapa orang bisa saja terkena iritasi karena memiliki kulit sensitif. Sebaiknya lakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan krim yang akan dipakai. Cara mencukur bulu kemaluan untuk ibu hamil tentunya tidak dianjurkan menggunakan krim karena krim mengandung zat kimia yang bisa saja berbahaya bagi ibu dan janin.

Cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bulu kemaluan adalah laser, waxing, dan elektolisa. Ketiganya harus dilakukan dengan bantuan dari profesional.

Baca juga:

Waspadai Keputihan Berwarna Coklat

Mengatasi Depresi Saat Hamil Muda