Cara Yang Benar Dalam Mengolah Makanan Beku

Cara Yang Benar Dalam Mengolah Makanan Bekuwww.produsenobat.com,- Makanan beku seringkali menjadi pilihan bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berbelanja keperluan dapur setiap hari. Makanan beku memang praktis karena bisa disimpan di dalam freezer dalam jangka waktu yang cukup lama. Kapanpun ingin diolah, makanan beku siap diproses dan tidak mudah basi.

cara-yang-benar-dalam-mengolah-makanan-beku

Meski praktis digunakan, namun banyak orang yang belum mengetahui cara mengolah makanan beku dengan baik dan benar. Jika memprosesnya salah, bisa jadi keracunan makanan adalah risikonya. Berikut beberapa cara untuk melunakkan makanan beku agar siap diproses menjadi makanan lezat dan tetap sehat.

  • Rendam dalam air dingin. Makanan beku khususnya yang ada dalam kemasan sebaiknya dicairkan dengan air dingin terlebih dahulu sebelum diolah. Anda bisa merendamnya dalam panci berisi air dingin. Ganti air tersebut setiap 30 menit sampai makanan benar-benar melunak dan siap diolah.
  • Diamkan dalam suhu ruangan. Makanan beku yang bisa didiamkan dalam suhu lainnya adalah buah-buahan, kue kering, dan roti. Bisa didiamkan selama dua sampai empat jam hingga siap untuk diproses. Namun mendiamkan makanan beku dalam suhu ruangan seperti ini tidak berlaku untuk daging dan ikan.
  • Cairkan dengan microwave. Metode ini bisa dilakukan jika Anda terburu-buru dalam memasak. Microwave memang penemuan canggih untuk memanaskan makanan termasuk mencairkan makanan beku. Tapi biasanya hasil mencairnya kurang merata serta memicu pertumbuhan bakteri dalam makanan tersebut.
  • Disimpan dalam kulkas. Cara ini merupakan terhigienis dan termudah meski membutuhkan waktu lama. Butuh waktu lebih dari sehari untuk mencairkan makanan beku seperti ikan dan daging. Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan waktu yang tepat dalam mengolahnya. Misal Anda ingin memasak daging hari Senin, Minggunya Anda harus mengeluarkannya dari dalam freezer dan menyimpannya di dalam kulkas. Perlu diperhatikan untuk penyimpanannya. Paling baik menyimpan daging atau ikan beku di rak bawah kulkas sehingga cairan daging yang penuh bakteri tidak mengkontaminasi makanan lain.
  • Simpan di bawah pancuran air dingin yang mengalir. Misalnya disimpan di bawah air keran dapur. Makanan beku yang telah mencair jangan dibekukan lagi dalam freezer karena bisa terkena risiko keracunan makanan. Ambil makanan beku secukupnya, sisanya simpan kembali dalam freezer. Pastikan suhu freezer ada pada titik -18 atau lebih rendah karena pada suhu tersebut, pertumbuhan bakteri dinonaktifkan. Tetapi ketika telah mencair, bakteri akan hidup kembali dan berkembang biak.

Baca juga:

Waspada Bahaya Boraks Pada Makanan

Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok

Waspada Efek Minuman Berenergi

Save

Save

Save

Save