Dehidrasi Menjadi Pemicu Penuaan Dini Pada Kulit

Dehidrasi Menjadi Pemicu Penuaan Dini Pada Kulitwww.produsenobat.com,- Semakin bertambah usia tentunya semakin banyak pula perubahan salah satunya pada kulit. Penuaan pada kulit memang menjadi hal yang alami yang pastinya di rasakan oleh setiap orang. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai kandungan di dalam kulit berkurang seiring bertambahnya umur. Tidak hanya faktor usia saja yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Diketahui gaya hidup seseorang juga sangat berpengaruh pada kulit.

Dehidrasi Menjadi Pemicu Penuaan Dini Pada Kulit

Penuaan pada kulit tentunya sangat di hindari terutama untuk para wanita. Tentu saja setiap orang ingin tetap terlihat awget muda dengan kulit kencang meskipun di usia yang sudah tidak muda lagi. sebenarnya penuaan pada kulit mulai terjadi memasuki usia akhir 20 an hingga awal 30 tahunan. Beberapa tanda penuaan kulit yang muncul yaitu kerutan di bawah mata, garis halus, lipatan pada alis, perubahan warna kulit, flek hitam, hingga kulit lebih kusam dan kering. Berbagai produk anti aging yang banyak di jual di pasaran tentunya menjadi salah satu produk yang sangat di cari. Bahkan tidak sedikit yang melakukan suntik botox untuk menghilangkan berbagai tanda penuaan tersebut.

Banyak penyebab dari penuaan pada kulit dan tentunya setiap orang merasakan jika penuaan kulit tidak bisa di anggap menjadi hal sepele. Sebenanya penyebab penuaan kulit terbagi menjadi dua yaitu faktor ekstrinsik dan instrinsik. Faktor ekstrinsik merupakan faktor dari luar seperoti terlalu sering terpapar sinar UV, polusi udara, orokok, asupan nutrisi yang buruk, juga mengkonsumsi alkohol berlebih. Sedangkan faktor instrinsik merupakan faktor bawaab atau genetik, hor,mon ataupun metabolisme tubuh. Adapun faktor lainnya yang dapat meningkatka penuaan kulit yaitu gerakan wajah, posisi tidur yang salah, juga gaya gravitasi.

Untuk tanda-tanda penuaan seseorang tentunya akan berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Untuk penuaan kulit yang disebabkan oleh faktor intrinsik kulit lebih tipis, rapuh, kulit mengendur karena kandungan kolagen dan elasktin berkurang, kulit kering, dan kasar. Sedangkan tanda penuaan kulit yang di sebabkan oleh faktor ekstrinsik kulit menebal, warna kulit yang berubah, kulit kering dan kasar, hingga munculnya kerutan dalam.

Dan tahukah anda jika sebenarnya penuaan kulit dapat di cegah. Pencegahan penuaan pada kulit yang satu ini dinilai sangat sederhana namun memiliki efek yang sangat berpengaruh. Menghindari dehidrasi menjadi salah satu pencegahan kulit yang paling ampuh. Dehidrasi cenderung membuat kulit lebih kering dan kasar. Dan tahukah anda jika kulit kering dan kasar dapat meningkatkan resiko penuaan kulit. Ditambah lagi semakin bertambah usia kulit cenderung akan lebih kering. FDi dalam kulit secara alami terkandung NMF (Natural Moisturizing Factor) fungsinya sebagai pelembab alami kulit yang dapat mempertahankan hidrasi kulit sehingga kulit tidak kering. Sama halnya dengan kandungan kolagen dan elastin, NMF juga dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Perlunya memenuhi asupan cairan di dalam tubuh tentunya tidak hanya membuat kulit terhindar dari penuaan namun juga sangat bagus untuk kesehatan. Mempertahankan kadar NMF di dalam tubuh bisa anda mulai dengan memenuhi asupan cairan stidaknya konsumsi asir 8 gelas sehari. Cairan memiliki peran yang sangat penting untuk membuat kulit tetap lembab dan mencegah kulit kering. Anda juga dapat memenuhi asupan cairan elektrolit untuk mempertahankan kelembaban kulit. Dalam sebuah penelitian di sebutkan jika terdapat hubungan antara asupan cairan elektrolit dan NMF bahkan sangat berperan dalam penanganan pada pasien dermatitis atopik. Sekarang anda sudah tahu bukan jika cairan memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah penuaan kulit. Mulai sekarang penuhi asupan cairan anda agar terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat penuaan dini.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Masker Coklat Untuk Mencegah Penuaan Dini

Hindari Kebiasaan Yang Memicu Penuaan Dini Kulit

Penyakit Kulit Yang Rentan Menyerang Anak

Baby Oil Juga Bagus Untuk Kulit Orang Dewasa

Save

Save

Save

Save