Ear Candle, Amankah?

Ear Candle, Amankah? www.produsenobat.com,- Lubang telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan secara rutin. Jika tidak, maka akan menganggu kenyamanan. Selain menggunakan cotton bud atau korek kuping, ear candle menjadi pilihan lain untuk membersihkan kotoran di telinga. Pertanyaannya, apakah menggunakan ear candle aman?

ear-candle-amankah

Akhir-akhir ini banyak tempat kecantikan yang menawarkan treatment ear candle, yakni membersihkan kotoran di telinga dengan alat berupa lilin. Menggunakan ear candle dianggap lebih bersih dan praktis. Lebih dari itu, saat menggunakannya, efek relaksasi pun didapat. Bahkan menurut beberapa sumber, menggunakan ear candle untuk membersihkan telinga bisa menyembuhkan sakit kepala, sinusitis, serta mampu memperlancar peredaran darah.

Namun ada pula yang menyebutkan bahwa menggunakan ear candle untuk membersihkan kotoran telinga justru akan membuat kotoran masuk lebih dalam. Selain itu, penggunaan ear candle disebutkan bisa mengakibatkan beberapa efek yang cukup membahayakan seperti telinga tersumbat oleh lelehan lilin, hilangnya pendengaran sementara, infeksi telinga bagian luar, masuknya abu ke dalam gendang telinga, kerusakan gendang telinga, sampai dengan luka bakar pada gendang telinga ataupun telinga bagian dalam. Risiko lain menggunakan ear candle bisa juga menimbulkan luka yang disebabkan jatuhnya bekas pembakaran lilin ke kulit kepala, muka, rambut, maupun bagian luar lubang telinga.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga yang aman? Sebenarnya kotoran telinga memiliki fungsi sebagai pertahanan alami tubuh dengan melindungi dan melumasi lubang telinga. Namun jika terlalu menumpuk, kotoran tersebut bisa menyumbang dan bahkan bisa membuat pendengaran terganggu. Oleh karena itulah kotoran telinga harus rutin dibersihkan. Pada umumnya, kebanyakan orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Hanya yang perlu diperhatikan saat melakukannya adalah Anda harus hati-hati, jangan sampai kotoran semakin masuk ke dalam telinga.

Jika kotoran sudah mengeras, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti memasukkan beberapa tetes mineral oil, baby oil, atau glisering ke dalam lubang telinga untuk membuat kotoran lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Air hangat juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga yang sudah mulai melunak. Bisa menggunakan semprotan kecil atau bekas botol tetes mata. Bersihkan bagian luar telinga dengan handuk maupun tissue.

Pada beberapa kasus, tidak sedikit orang masih mengalami masalah dengan menumpuknya kotoran telinga sekalipun sudah dibersihkan. Jika itu terjadi pada Anda, segera periksakan ke dokter THT dan meminta jasa pembersihan telinga. Jangan abaikan kesehatan telinga, karena selain sebagai alat untuk mendengar, telinga juga berfungsi sebagai penyeimbang posisi tubuh.

Baca juga:

Waspada Bahan Kimia Berbahaya Dalam Kosmetik

Treatment Ini Bisa Membuat Pipi Lebih Tirus

Waspada Hal Ini Jika Keputihan Berwarna Coklat dan Berbau