Fakta Atau Mitos Rematik Bisa Menyerang Anak-Anak

Fakta Atau Mitos Rematik Bisa Menyerang Anak-Anakwww.produsenobat.com,- Pernahkah anda mendengar penyakit rematik? mungkin yang akan terlintas di pikiran anda bahwa rematik adalah penyakit yang menyerang orang tua atau orang lanjut usia. Faktanya rematik tidak hanya dapat menyerang orang berumur saja namun juga diketahui anak-anak dapat beresiko terkena rematik. Mitos atau fakta simak ulasannya berikut ini.

Fakta Atau Mitos Rematik Bisa Menyerang Anak-AnakRematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa sakit pada otot dan persendian. Hal tersebut terjadi akibat dari adanya pembengkakan hingga peradangan. Memang tidak sedikit orang yang mengeluhkan nyeri sendi dan kebanyakan dari kita mungkin hanya mengganggap jika penyakit yang satu ini hanya menyerang orang lanjut usia saja. Faktanya rematik bisa menyerang anak-anak juga terbukti di Jerman sendiri sekitar 9 juta orang terserang penyakit rematik dimana 40.000 diantaranya adalah anak-anak.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menghasilkan jika anak-anak mengalami peradangan kronis di bagian lutut, pergelangan tangan, juga pergelangan kaki. Apa yang menjadi penyebabnya mayoritas rematik yang menyerang anak-anak bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Dimana orang tua yang memiliki riwayat penyakit rematik maka besar kemungkinan dapat menurun pada anaknya.

Pada dasarnya penyakit rematik merupakan penyakit yang sangat berhubungan dengan auto imun. Pada kondisi disini sistem auto imun berfungsi dengan cara tidak normal sehingga menyebabkan penyerangan pada organ lainnya yang sehat. Rematik sendiri bisa muncul dengan peradangan selaput sendi selanjutnya muncul kerusakan tulang rawan sendi hingga kerusakan tulang parah. Tentunya hal tersebut tidak boleh di anggap sepele maka dari itu penanganan mesti dilakukan untuk mencegah berbagai resiko kerusakan muncul.

Mungkin gejala rematik yang di timbulkan pada anak akan sedikit berbeda dengan gejala pada orang dewasa dan orang tua. Dimana gejala rematik pada anak di awali dengan rasa sakit yang hebat hingga menyebabkan pembengkakan pada lutut. Tentu saja hal tersebut tidak bisa di anggap sepele karena nyatanya rasa sakit berat yang tidak segera diatasi maka besar kemungkinan jalan operasi persendian menjadi jalan akhir.

Melakukan terapi tentunya dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi rematik pada anak dan remaja. Tidak hanya itu menerapkan pola hidup sehat pun sangatlah penting dalam hal ini. Juga yang perlu orang tua lakukan yaitu memperkuat rasa percaya diri anak yang mengalami rematik sehingga anak tidak merasa dikucilkan karena memiliki penyakit rematik. Sebaiknya lakukan perawatan medis jika anak mengalami gejala rematik yang cukup parah.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Cara Mengobati Amandel Pada Anak

Tips Mendeteksi Alergi Pada Anak

Mengenal Jenis Penyakit Pada Lidah

Save

Save

Save

Save