Gejala Tekanan darah Atau Hipotensi

Ketahui Gejala Tekanan darah Atau Hipotensi Sedini Mungkin www.produsenobat.com,- Tidak hanya tekanan darah tinggi saja yang dinilai berbahaya, nyatanya tekanan darah rendah atau sering juga hipotensi memiliki efek yang serius bagi kesehatan tubuh. Hipontensi sendiri merupakan kondisi dimana tekanan darah di dalam tubuh sangat rendah mencapai 120/80 mmHG. Tentunya dengan gangguan tersebut maka akan menyebabkan gangguan pada sistem aliran darah yang berimbas pada penurunan fungsi pada beberapa organ tubuh seperti jantung, ginjal, hingga otak. Salah satu gejala dari tekanan darah rendah yaitu pusing hal tersebut muncuk akibat otak kekurangan pasokan darah. Simak gejala darah rendah lainnya di bawah ini.

Ketahui Gejala Tekanan darah Atau Hipotensi Sedini Mungkin

Tekanan darah sendiri dapat berubah-ubah dari waktu ke awaktu tergantung dari kegiatan yang di lakukan. Diketahui banyak faktor yang dapat memicu seseorang terserang hipotensi seperti faktor cuaca, sedang melakukan pengobatan, hingga faktor usia. Adapun beberapa penyebab hipotensi lainnya seperti dehidrasi atau kekurangan cairan, mengalami penyakit saraf, hormon yang tidak seimbang, anemia, mempunyai penyakit jantung, infeksi darah, alergi parah, hingga kehamilan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi lebih parah maka ada baiknya kita mengetahui beberapa gejala tekanan darah sedini mungkin. Dengan mengatasinya sedini mungkin maka berbagai komplikasi dapat di cegah. Adapun beberapa gejala tekanan darah rendah yaitu:

Pusing
Pusing menjadi salah satu gejala tekanan darah yang sangat identik. Saat anda mengalami tekanan darah rendah maka anda akan merasakan kepala terasa lebih ringan, pusing, hingga kleyengan seperti mau pingsan. Bukan tanpa alasan beberapa gejala tersebut muncul akibat aliran darah ke otak menurun.

Kulit pucat
Aliran darah yang menurun tidak hanya terjadi pada otak saja namun organ lainnya salah satunya kulit. Saat anda mengalami tekanan darah rendah secara otomatis kulit anda akan terlihat lebih pucat. Tidak hanya itu saja tangan dan kaki terasa lebih dingin.

Nafas pendek
Nafas menjadi lebih pendek atau sesak nafas menjadi gejala tekanan darah selanjutnya. Tekanan darah yang semakin rendah menyebabkan terhambatnya sistem pernafasan karena adanya oto jantung. Nafas akan cenderung lebih pendek dan cepat. Waspadai jika gejala ini muncul biasanya juga di barengi dengan sakit di dada.

Denyut jantung tidak teratur
Salah satu organ yang menurunnya fungsinya akibat tekanan darah rendah yaitu jantung. Aliran darah yang semakin menurun dapat menyebabkan jantung kesulitan untuk memompa darah. Dari kondisi tersebut dapat menyebabkan denyut jantung yang tidak beraturan.

Adapun beberapa gejala lainnya yang sering muncul saat terserang darah rendah seperti lemas, mual, pandangan buram, serta kehilangan keseimbangan.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami Tanpa Obat

Amankah Tampon Bagi Kesehatan Vagina Wanita?