Hal-hal Yang Membuat Anak Stres

Hal-hal Yang Membuat Anak Stres Yang Wajib Di Ketahui www.produsenobat.com,- Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, stres juga bisa dialami oleh anak-anak. Berbagai hal memicu rasa stres pada mereka mulai dari tekanan sosial, tuntutan akademis, sampai lingkungan keluarga. Anda yang peduli terhadap buah hati, ketahui penyebab stres dan cara menanggulanginya agar jiwa anak tetap sehat.

hal-hal-yang-membuat-anak-stres-yang-wajib-di-ketahuiPerlu diketahui, gejala stres pada anak memang tidak secara kasat mata terlihat. Namun bisa diketahui dari kuantitas makanan yang dikonsumsi, perubahan pola tidur, perubahan emosi, sulit konsentrasi saat belajar sampai kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah. Sakit fisik juga bisa menyertai seperti sakit kepala atau sakit perut. Berikut penyebab stres pada anak:

Paparan konten dewasa
Dengan majunya teknologi, berbagai macam informasi bisa diterima dengan mudah lewat berbagai media baik televisi maupun gadget yang semakin hari semakin akrab dengan mereka. Konten dewasa seperti hal-hal yang menyeramkan, berita kriminal, atau berita yang berbau porno bisa membuat anak tertekan. Oleh karena itu, jangan biarkan anak terlalu sering di depan televisi tanpa dipantau. Dampingi saat mereka berinternet dan beri pemahanan informasi kepadanya.

Aktivitas usai sekolah
Di sekolah, anak terbilang sudah lelah. Energinya cukup terkuras. Orang tua yang berniat memberikan pengetahuan maupun pengalaman tambahan usai jam sekolah bisa memberi kelelahan tambahan yang membuat anak menjadi stres. Pada umumnya, anak pun ingin memiliki waktu bersantai atau bermain dengan kreatif. Orang tua sebaiknya memberi kesempatan pada anak untuk bersantai usai jam sekolah. Luangkan pula sesi curhat untuk meringankan stresnya. Anda bisa bertanya aktivitas apa yang dia senangi usai sekolah, jangan sampai memaksakan kehendak pribadi.

Adanya intimidasi
Ketahui lingkungan pergaulan anak di sekolah. Bisa jadi anak adalah korban bullying atau intimidasi baik verbal maupun nonverbal yang membuatnya stres dan tertekan. Karena Anda tidak bisa melihat aktivitasnya di sekolah, bisa coba tanyakan kepada guru atau wali kelas mengenai aktivitasnya terutama di kelas. Jika anak memang menjadi korban bully, beri semangat padanya agar percaya diri serta kondisikan lingkungan agar lebih ramah kepadanya.

Kurang tidur
Anak perlu istirahat cukup terutama setelah lelah beraktivitas seharian. Pastikan anak tidur cukup. Kurang tidur memberi dampak pada mood dan memori. Ketika waktu istirahat, sebisa mungkin jauhkan anak dari gadget.

Perceraian orang tua
Keluarga adalah lingkungan yang paling mendasar yang membentuk kepribadian anak. Saat menyadari keluarganya kurang harmonis, anak pasti terkena dampak. Dia bisa jadi murung, kurang percaya diri, dan menarik diri dari pergaulan karena minder. Bagi Anda yang mengalami perceraian, jelaskan kepada anak dengan kata-kata yang mudah dipahami mengenai alasan Anda bercerai. Sebagai orang tua, Anda juga belajar untuk menjadi bijak dalam memahami perasaan anak.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Tips Membuat Anak Cerdas

Mengatasi Depresi Saat Hamil Muda

Save

Save

Save