Ingin Mata Tetap Sehat? Ini Cara Menjaga Kesehatannya!

Ingin Mata Tetap Sehat? Ini Cara Menjaga Kesehatannya!www.produsenobat.com,- Mata merupakan sebuah indera yang penting untuk manusia. Mata yang kurang sehat bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, agar mata tetap sehat maka harus dijaga. Bagaimana caranya?

ingin-mata-tetap-sehat-ini-cara-menjaga-kesehatannya

1. Mengonsumsi makanan bergizi. Makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zinc, dan omega-3 sangat bagus untuk kesehatan mata terutama untuk menangkal masalah mata seperti degenerasi makula mata dan katarak. Makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata diantaranya salmon, sayuran berdaun hijau, tuna, kacang-kacangan, telur, blackberry, blueberry, dan jeruk yang dikonsumsi dengan teratur.

2. Jangan terlalu lama menatap screen laptop maupun ponsel. Jika terlalu lama biasanya akan menyebabkan mata kering dan tegang, juga bisa membuat mata minus dan sulit fokus saat menatap objek yang jauh. Jika pekerjaan membuat Anda harus berkutat dengan laptop maupun komputer, istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan memalingkannya ke objek lain yang tanpa radiasi. Hal tersebut berguna unuk membuat mata lebih rileks dan tidak tegang. Sering-sering pulalah mengedipkan mata untuk menghindari mata kering.

3. Buang make up lama. Make up untuk mata seperti eye liner bisa membuat bakteri tumbuh dengan mudah. Sebaiknya buang make up yang sudah tiga bulan dipakai. Hindari pula meminjam maupun meminjamkan alat rias mata kepada orang lain. Pastikan untuk mencuci wajah sampai bersih sebelum dan sesudah pakai make up.

4. Pakai kacamata hitam. Sinar ultraviolet tidak hanya berbahaya untuk kulit, tetapi bisa juga berbahaya untuk mata. Oleh karena itu, gunakan kacamata hitam agar mata tetap sehat dan tidak mudah mengalami katarak, kornea terbakar, penyakit makula degenerasi, maupun kanker kelopak mata. Pilih kacamata yang bisa memblokir sinar UVA dan UVB di siang hari.

5. Rajin berolahraga. Beberapa studi menyatakan olahraga memungkinkan seseorang terhindar dari risiko gangguan penglihatan yang diakibatkan diabetes, tekanan darah tinggi, maupun penyempitan pembuluh darah.

6. Hindari rokok. Rokok bisa meningkatkan risiko terkena kerusakan saraf optik yang bisa membuat kebutaan maupun kerusakan pada retina, katarak, sampai degenerasi makula. Karena rokok, plak juga bisa tumbuh dalam aliran darah yang melemahkan arteri.

Saat mata Anda mengalami masalah, sebaiknya tidak diabaikan. Misalnya jika merasa ada butiran pasir di mata, segera bilas dengan air bersih. Jika berubah merah disertai rasa gatal, kompres dengan air dingin maupun atasi dengan obat tetes mata.

Baca juga artikel lainnya:

Cara Mencegah dan Menghilangkan Kantung Mata

Wortel, Tidak Hanya Menyehatkan Mata dan Jantung

Save

Save

Save

Save