Kenali Manfaat dan Risiko Posisi Tidur

Kenali Manfaat dan Risiko Posisi Tidurwww.produsenobat.com,- Tahukah Anda bahwa tidur sebaiknya dilakukan dengan posisi yang benar karena jika tidak, ada beberapa risiko yang bisa mengganggu kesehatan? Jika belum mengetahuinya, mari lanjutkan membaca artikel ini untuk mendapatkan informasi mengenai posisi tidur yang baik. Pada umumnya, setiap orang memiliki posisi tidur dengan cara tengkurap, terlentang, maupun berbaring miring ke kanan atau ke kiri. Jika Anda merasakan ketidaknyamanan atau muncul rasa sakit di area tertentu saat bangun, bisa jadi posisi tidur Anda salah. Lalu bagaimana posisi tidur yang benar?

kenali-manfaat-dan-risiko-posisi-tidur

Ketika tidur, yang harus diperhatikan adalah seberapa mudah Anda bisa bernafas. Posisi tengkurap cocok bagi mereka yang sering mendengkur saat tidur karena memungkinkan jalan nafas lebih terbuka, dengan catatan tidak sedang nyeri punggung atau nyeri leher. Namun perhatikan pula risiko dari tidur tengkurap seperti memicu tambahan tekanan pada sendi dan otot yang membuat saraf teriritasi. Akibatnya bisa sering mengalami kebas maupun kesemutan. Tidur tengkurap juga memiliki risiko lebih cepat keriput di wajah.

Posisi tidur juga dipercaya memiliki kaitan dengan kesehatan seseorang. Proses menghilangkan limbah dari otak lebih optimal ketika seseorang tidur dibandingkan sedang terjaga. Mengenai fungsi tersebut, ada posisi tidur yang dianggap baik untuk menghilangkan limbah dengan optimal, yakni posisi miring ke kanan.

Posisi miring baik pula untuk mereka yang mendengkur saat tidur, namun risikonya orang seringkali sakit leher ataupun sakit punggung. Posisi miring dianjurkan bagi perempuan hamil karena baik untuk menghindari nyeri pada ulu hati, terutama miring ke kiri. Penderita rematik maupun nyeri sendi diusahakan tidak tidur dalam posisi miring. Begitu juga orang yang memiliki masalah dengan pernafasan karena tidur miring bisa membuat pernafasan lewat diafragma terbatas. Tidur terlentang dianggap baik untuk mencegah terjadinya kerutan di wajah karena wajah tidak menempel pada kain bantal.

Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil dan bayi, sebaiknya tidur dengan posisi terlentang dengan alasan keamanan dan kenyamanan. Bayi sebaiknya tidak tidur tengkurap atau miring karena bisa mengganggu pernafasan. Harus diwaspadai dengan sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS pada bayi yang tidur dengan posisi miring lalu berubah posisi menjadi tengkurap.

Sementara untuk perempuan hamil sebaiknya perlu pusing memikirkan posisi tidur yang sehat dan aman. Hanya yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan dan nafas tidak terganggu. Lebih dari itu, ahli kesehatan juga belum menemukan dengan pasti mengenai posisi tidur ideal untuk ibu hamil. Semoga Anda menemukan posisi tidur yang baik untuk kesehatan Anda masing-masing.

Baca juga artikel lainnya:

Waspadai Hal Berikut Ini Jika Kurang Tidur

Sering Stres Bisa Berujung Sakit Jiwa

Yuk Olahraga Ringan Di Kantor Sambil Duduk

Save

Save