Ketahui Perbedaan Kulit Berjamur dan Kulit Alergi

Ketahui Perbedaan Kulit Berjamur dan Kulit Alergi www.produsenobat.com,- Kulit gatal dan rasanya ingin sekali menggaruknya bisa di akibatkan oleh adanya gangguan jamur ataupun alergi. Gejala memang sama menyebabkan gatal namun apa bedanya kulit berjamur dan kulit algeri? Berikut ulasan lengkapnya.

Ketahui Perbedaan Kulit Berjamur dan Kulit Alergi

Jika di lihat secara kasat mata tidak ada bedanya antara kulit berjamur dan kulit alergi terlebihb lagi gejala yang di rasakan sama yaitu rasa gatal. Namun perlu anda tahu jika kedua masalah kulit ini jelas berbeda. Bidsa di jelaskan secara singkat jika kulit berjamur merupakan masalah kulit yang di akibatkan oleh infeksi jamur. Sedangkan kulit alergi merupakan masalah kulit yang mengakibatkan peradangan yang bukan di sebabkan oleh infeksi jamur.

Untuk membedakan kulit berjamur dan kulit alergi secara jelas ada beberapa point yang harus di perhatikan seperti berikut ini:

Penyebab
Sudah jelas tadi disebutkan jika kulit berjamur di sebabkan oleh infeksi jamur yang tumbuh pada area tubuh yang lembab dan merupakan penyakit menular. Sedangkan kulit alergi bisa muncul jika kondisi tubuh alergi pada benda ataupun kandungan tertentu seperti debu, makanan, hingga udara dan tidak menular.

Area kulit yang terinfeksi
Sangat mudah sekali membedakan kulit berjamur dan kulit alergi dilihat dari area kulit yang terinfeksi. Pada kasus kulit berjamur area kulit yang mudah terinfeksi yaitu pada area tubuh yang lembab seperti selangkangan, lipatan kulit, ketiak, punggung, ataupun bagian tubuh yang mudah berkeringat. Sedangkan untuk kulit alergi area kulit yang biasanya terkena yaitu pada leher, siku, tangan, di balik lutut, wajah, di kepala pada bayi, juga pergelangan tangan.

Bentuk kulit yang terinfeksi
Pada kulit yang berjamur kulit yang terinfeksi akan sangat terlihat lesinya. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan dari kulit yang terinfeksi dan yang tidak terinfeksi. Terdapat batas yang sangat terlihat biasanya bisa berbentuk lingkaran dengan pinggiran kulit yang berwarna lebih pucat dan kulit yang di tengah berwarna lebih terang. Untuk kulit alergi lesi kulit yang di timbulkan kulit berwarna merah, bersisik, bisa juga timbul nanah ataupun berair.

Jenis pengobatan
Karena merupakan masalah kulit yang berbeda untuk jenis pengobatannya pun berbeda. Untuk jenis pengobatan kulit berjamur biasanya menggunakan anti jamur dan menjaga kebersihan tubuh. Sedangkan untuk kulit alergi bisanya jenis pengobatan yang di lakukan yaitu dengan mengkonsumsi obat anti alergi juga menghindari pencetus alergi.

Baca juga artikel lainnya:

Cara Mudah Mencukur Bulu Kemaluan Agar Tidak Gatal

Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Anak

Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Obat Tipes Yang Aman Untuk Anak dan Ibu Hamil

Save

Save