Makanan Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Sahur

Makanan Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Sahur www.produsenobat.com,- Bulan suci ramadhan tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan suci ini dimana segala macam bentuk kebaikan di lipat gandakkan dan ampunan di buka lebar. Tentunya bulan suci menjadi waktu yang sangat baik bagi kita umat islam untuk lebih dekat dengan ilahi serta meningkatkan iman. Puasa bukan hanya perkara menahan makan hingga minum saja namun juga mengajarkan kita untuk menahan hawa nafsu, serta belajar merasakan penderitaan sebagian orang yang tidak setiap waktu dapat makan atau minum dengan mudah. Maka sepatutnya kita harus lebih banyak bersyukur kepada ilahi.

Makanan Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Sahur

Puasa juga nyatanya memiliki manfaat bagi kesehatan seperti sangat bagus untuk kesehatan jantung, dapat membantu menurunkan kolesterol, mengontrol berat badan, menyehatkan ginjal, juga mnembantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Nah tentunya untuk mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan seperti diatas, maka asupan makanan yang di konsumsi saat berbuka dan sahur haruslah sehat dan bergizi. Makanan yang mengandung serat tinggi hingga kandungan air yang tinggi sangat di sarankan dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur.

Seagian orang memang tidak terlalu mengetahui nyatanya makanan yang mengandung kalori tinggi hingga berminyak yang dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur memiliki efek negatif bagi kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul akibat pola makan yang salah yaitu naiknya asam lambung hingga diabetes. Lalu apa saja makanan yang sebaiknya di konsumsi dan harus di hindari saat berbuka puasa dan pada saat sahur? simak ulasannya berikut ini.

Makanan yang wajib di konsumsi saat berbuka dan sahur

Biji-bijian
Biji-bijian diketahui mengandung serat yang tinggi juga karbohidrat. Kedua kandungan tersebut dapat menjaga tubuh lebih kenyang dalam jangka panjang. Tidak hanya itu karbohidrat juga dapat membuat anda lebih berenergi dalam beraktifitas saat puasa. mengkonsumsi biji-bijian sanngat di sarankan terlebih lagi saat sahur.

Buah-buahan dan sayuran segar
Buah-buahan dan sayuran dikenal sebagai makanan yang mengandung vitamin juga mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan dan sayuran segar ada baiknya di konsumsi saat sahur, kandungan vitamin, serat, kalsium, air, juga mineral dapat membantu melengkapi kebutuhan tubuh selama beraktifitas di pagi hingga siang hari. Anda dapat membuat sup sayur untuk menu buka puasa d an sahur anda, diketahui sup sayur dapat membuat tubuh lebih terhidrasi hingga mengembalikan kembali tenaga.

Beras
Orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan beras karena kebanyakan penduduk Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Tidak hanya mengeyangkan kandungan karbohidrat komplek pada beras memerlukan waktu yang cukup lama untuk di cerna sehingga membuat anda tidak mudah lapar.

Daging tanpa lemak
Kandungan protein dalam daging tanpa lemak dapat membuat metabolisme tubuh berfungsi lebih efisien. Manfaat protein bagi kesehatan nyatanya sangat banyak seperti dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dapat menghasilkan tenaga, bagus untuk kesehatan jantung, hingga mengurangi depresi. Memasukan daging tanpa lemak pada menu makan sahur atau buka puasa anda dinilai sangat penting. Namun ingat barengi juga dengan menu lainnya seperti sayuran dan buah.

Air
Jangan lupa untuk memenuhi cairan dengan minum air putih yang cukup saat berbuka dan sahur. Setidaknya penuhi asupan cairan dengan minum 8 gelas setiap harinya. Anda dapat mengaturnya pada saat berbuka dan pada saat sahur. air dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi hingga mencegah anda dehidrasi atau kekurangan cairan.

Adapun makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa dan sahur

Makanan manis
Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu manis apalagi jika menggunakan pemanis buatan. Sebaiknya mengkonsumsi makanan manis alami yang tidak terlalu tinggi. Diketahui makanan yang terlalu manis dan minim nutrisi tidak hanya memiliki efek negatif bagi kesehatan namun juga dapat membuat anda lebih haus juga membuat perut terasa kembung.

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi kafein
Kopi atau makanan lainnya yang mengandung kafein tinggi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Kafein memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh apalagi jika di konsumsi saat sahur. Kefein yang terlalu tinggi dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi hingga membuat anda lebih lesu.

Hindari makanana gorengan
Makanan yang di goreng atau mengandung minyak tinggi dapat membuat anda lebih cepat haus hingga membuat perut kembung. Ada baiknya anda menghindari makanan yang di goreng saat sahur.

Hindari makanan yang terlalu asin dan pedas
Makanan asin hingga terlalu pedas yang dikonsumsi saat sahur dapat menyebabkan ketidakseimbangan kandungan nutrium di dalam tubuh.Makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan hingga penyakit jantung. Sedangkan makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan refluks asam hingga maag akut.

Baca juga artikel lainnya:

Alasan Mengapa Penderita Mag Tidak Boleh Mengkonsumsi Nangka

Dehidrasi Menjadi Pemicu Penuaan Dini Pada Kulit

Makanan Terbaik Untuk Paru Paru Yang Sehat