Manfaat Air Garam

Wajib Diketahui Inilah Manfaat Air Garam Untuk Kesehatanwww.produsenobat.com,- Garam saat ini memang diketahui mengalami kelangkaan wajar saja jika harganya melambung tinggi. Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sering kali digunakan untuk membuat cita rasa masakan terasa lebih enak. Meskipun rasanya asin nyatanya sedikit saja garam mampu membuat makanan lebih nikmat dan lezat. Meskipun mengkonsumsi garam berlebih tidak baik bagi kesehatan nyatanya ada beberapa manfaat gara,m bagi kesehatan salah satunya yaitu memelihara keseimbangan cairan tubuh. Namun apakah kamu pernah mendengar air garam yang memiliki manfaat untuk mengatasi sakit gigi? ya tidak jarang orang yang memiliki masalah di mulut berkumur dengan air garam menjadi solusinya. Lalu apa saja manfaat air garam bagi kesehatan lainnya? simak ulasannya berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa saja pastinya mengenal garam, ya serbuk berwarna putih dan terasa asin ini banyak digunakan untuk membantu menyedapkan makanan hingga kue. Nah lalu bagaimana dengan air garam nyatanya air garam juga sudah banyak digunakan orang untuk membantu mengatasi berbagai keluhan salah satunya untuk merendam kaki. Di ilmu kedokteran sendiri nyatanya air garam sudah diakui memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan, apa saja? Berikut ini beberapa manfaat air garam untuk kesehatan yang wajib anda ketahui.

Sinus
Orang yang mengalami masalah dengan sinus dapat mengatasinya dengan air garam. Membasuh atau mencuci hidung menggunakan air garam dapat membantu membuka saluran hidung. Tentunya dengan cara tersebut maka lendir kental dapat hilang. Tidak hanya itu air garam juga dapat membantu membersihkan sinus hingga mencegah penyebaran infeksi ke sinus lainnya.

Lalu bagaimana cara membuar air garam untuk mengobati sinus? Caranya yaitu campurkan 240 ml air hangat dengan ½ sdt garam, dan ½ sdt baking soda. Gunakan pot khusus hidung dan masukan cairan tadi kedalam pot tersebut. Masukan ujung pot tersebut pada lubang hidung adan secara perlahan masukan air garam dan tunggu hingga air garam tersebut keluar kembali melaui hidung dan mulut dengan sendirinya. Untuk melakukan cara tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Sakit tenggorokan
Tidak jarang orang yang mengeluhkan memiliki masalah dengan sakit tenggorokan dan tentu saja hal tersebut sangat mengganggu. Sakit tenggorokan sendiri disebabkan oleh adanya infeksi virus juga bakteri yang masuk kedalam saluran tenggorokan. Gejala yang sangat terasa yaitu sakit saat menelan dan hal tersebut bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak nafsu makan. Air garam mengandung senyawa yang sangat ampuh untuk mengatasi kuman atau bakteri didalam tubuh. Untuk melakukan pengobatan sakit tenggorokan dengan air garam sangatlah mudah. Campurkan 240 ml air hangat dengan 1 sdt garam meja kemudian pakai untuk berkumur secara rutin.

Kutu air
Orang yang sering bekerja atau berakifitas di air sering kali mengeluhkan masalah kutu air. Kutu air sendiri merupakan sa;ah penyakit kulit yang diakibatkan infeksi jamur dan termasuk kedalam penyakit kulit menular. Kutu air yang tidak diobati dapat menyebar hingga ke kuku kaki ataupun tangan. Air garam nyatanya dapat membantu mengatasi kutu air secara alami. Campurkan air garam dengan sedikit cuka encer kemudian rendam kaki dengan larutan tersebut lakukan secara rutin hingga luka lecet mengering.

Luka di gigi dan mulut
Masalah gigi dan mulut seperti gigi rusak, lidah tergigit, pendarahan di mulut hingga gigi yang copot dapat diatasi dengan manfaat air garam. Air garam bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan leboh cepat. Campurkan 1sdt garam dengan 1 cangkir air hangat kemudian gunakan untuk berkumur setelah makan.

Detoksifikasi tubuh
Air garam bersifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi racun juga bakteri didalam tubuh. Meminum air garam dapat anda lakukan disetiap pagi untuk membantu mendetoksifikasi tubuh namun ingat gunakan garam hanya sedikit.

Bagus untuk kulit
Air garam juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Dalam air garam mengandung kromium, belerang, yodium yang diketahui sangat bagus untuk kulit. Kandungan mineral seng dapat membantu proses penyembuhan luka hingga mengatur kelenjar minyak dalam kulit. Yodium berfunfsi untuk meningkatkan suplay oksigen ke kulit. Sulfur dapat membantu mengatasi eksim dan ruam di kulit. Sedangkan kromium berfungsi untuk mengatasi kulit kering di kepala hingga mengatasi infeksi kulit lainnya.

Membuat tidur lebih nyenyak
Untuk anda yang sering kali mengalami masalah dengan sulit tidur atau tidur tidak nyenyak ada baiknya anda mulai meminum air garam. Tidur yang tidak nyenyak disebabkan oleh stres. Stres dapat membuat meningkatkan hormon adrenalin dan kortisol secara berlebihan. Meningkatkanya kedua hormon tersebut dapat membuat kualitas tidur memburuk. Air garam mengandung mineral yang dapat membuat hormon stres serta sistem saraf lebih rileks.

Itulah beberapa manfaat air garam untuk kesehatan, tentunya jangan lupa gunakan garam dalam jumlah yang sedikit tidak berlebih untuk mencegah dampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mencegah Hipertensi Secara Alami
Tips Cara Menurunkan Tekanan Darah