Manfaat Bunga Asoka Bagi Kesehatan

Wajib Diketahui Berbagai Manfaat Bunga Asoka Bagi Kesehatan www.produsenobat.com,- Pohon asoka menjadi salah satu tanaman yang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Pohon asoka memang sangat mudah di India dan Nepal dan dianggap sebagai tanaman suci atau sakral. Di indonesia pohon asoka dikenal sebagai tanaman hias dan banyak di tanam di pekarangan rumah. Bunga asoka dikenal sebagai bunga yang indah dengan warna mera menyala. Tidak hanya indah nyatanya bung asoka sudah sejak lama di gunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit. Bahkan di India sudah sejak lama membuat rammuan herbal dari bunga asoka yang di keringkan. Lalu apa saja manfaat bunga asoka bagi kesehatan? simak ulasannya berikut ini.

Tentunya bukan tanpa alasan jika tanaman asoka ini memiliki manfaat bagi kesehatan karena faktanya tanaman asoka mengandung berbagai senyawa penting. Beberapa kandungan pada tanaman asoka yaitu tanin, flavonoid, saponin, antosianin, hemaktosilin, catachin, juga zat besi. Bunga asoka yang terkenal indah nyatanya memiliki rasa yang manis pada batang bunganya. Bunga asoka yang dikeringkan nyatanya dapat mencegah hingga mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini informasi mengenai manfaat tanaman asoka bagi kesehatan.

Nyeri sendi
Nyeri sendi memang dapat menyerang siapa saja baik anak muda hingga orang tua. Faktanya kulit pohon asoka memiliki kandungan yang dapat mengatasi nyeri. Buat pasta dari kulit pohon asoka kemudian tempelkan pasta pohon asoka tersebut pada sendi nyeri biarkan selama beberapa menit hingga pasta mengering kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

Diabates
Penderita diabetes tentunya harus pintar-pintar menjaga kadar gula darah. Untuk menjaga gula darah agar tetap normal maka asupan makanan sangat berperan penting. Selain beberapa makanan sehat, nyatanya bunga asoka dapat membantu menjaga kadar gula darah. Rebus bunga asoka kering hingga matang kemudian saring dan ambil airnya. Konsumsi air rebusan bunga asoka secara rutin afar kadar gula darah dapat terkontrol.

Infeksi kulit
Penyebab infeksi kulit yaitu akibat dari bakteri, virus, jamur. Beberapa infeksi kulit yaitu bisul, impetigo, kurap, jamur kuku, kandidiasis, cacar, juga herpes zoster. Tentunya infeksi kulit ini harus mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat untuk mencegah kondisinya semakin parah. Salah satu bahan alami yang memiliki manfaat mengatasi infeksi kulit yaitu kulit pohon asoka. Diketahui kulit pohon asoka memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur sangat ampuh untuk mengatasi infeksi kulit secara alami. Gunakan ekstrak kulit pohon asoka pada infeksi kulit kemudian gosokan secara perlahan.

Melancarkan haid
Untuk anda para wanita yang mengalami masalah dengan haid yang tidak lancar sebaiknya mulai menggunakan bunga asoka. Bunga asoka diketahui dapat membantu mengatasi stres juga membantu membuat otot rahim lebih rileks. Tidak hanya itu saja nyatanya bunga asoka juga dapat mengatasi berbagai keluhan haid seperti kram perut saat haid. Cara membuat ramuan bunga asoka sangatlah mudah rebus bunga asoka dengan daging lidah buaya biarkan hingga mendidih. Saring rebusan tadi dan konsumsi 2x sehari satu gelas.

Hipertensi
Bunga asoka dikenal sebagai tanaman obat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Rebus satu genggam bunga asoka dengan 400 cc air biarkan hingga mendidih. Saring air rebusan bunga asoka tersebut dan ambil airnya, minum satu kali sehari setengah gelas.

Itulah beberapa manfaat pohon asoka bagi kesehatan yang wajib anda ketahui. Selain memiliki banyak manfaat nyatanya penggunaan bahan alami sebagai obat herbal sangat di anjurkan karena lebih aman bagi kesehatan juga tidak menyebabkan efek samping. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Daun Sirih Untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Tips Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami Tanpa Obat