Mengenail Lebih Dekat Gejala Kanker Serviks

Mengenail Lebih Dekat Gejala Kanker Serviks Sedini Mungkin www.produsenobat.com,- Sata ini memang penyakit kanker serviks sedang menjadi trending teratas yang banyak di cari orang. Pasalnya penyakit kanker serviks ini menjadi penyebab kematian dari artis Julia Perez beberapa waktu lalu. Tentunya untuk para wanita sangat perlu waspada terhadap penyakit yang satu ini, karena faktanya kanker serviks menjadi penyakit penyebab kematian pada wanita no 2 setelah kanker payudara. Lalu apa saja gejala kanker serviks yang wajib diketahui sedini mungkin? simak ulasannya berikut ini.

Mengenail Lebih Dekat Gejala Kanker Serviks Sedini Mungkin

Gejala Kanker Serviks Pada Wanita dan Pencegahannya

Kanker serviks sendiri merupakan penyakit yang di tandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel abnormal pada leher rahim. Leher rahim sendiri merupkan saluran langsung terbuka dari vagina ke rahim posisinya di bagian bawah rahim. Kanker serviks ini dapat menyerang semua wanita baik itu remaja, dewasa, hingga lansia. Namun resiko terkena kanker serviks lebih besar dapat terjadi pada wanita yang sudah aktif secara seksual.

Menurut data dari WHO pada tahun 2014 dinyatakan jika tercatat 92 ribu kasus kematian pada wanita akibat kanker. Dan 10.3% diketahui disebabkan oleh kanker serviks. Di Indonesia sendiri tidak sedikit wanita yang terserang penyakit kanker serviks. Kurangnya pengetahuan mengenai skrining kanker serviks membuat para penderita telat mendapatkan pengobatan.

Pada dasarnya penyakit kanker serviks dapat di obati jika dilakukan sedini mungkin. Namun banyak wanita yang telat memeriksakan diri karena pada dasarnya penyakit yang satu ini tidak menunjukan gejala yang signifikan pada awalnya.

Secara umum penyakit kanker serviks ini dapat muncul akibat dari adanya virus HPV yang masuk kedalam tubuh. Diketahui jenis virus HPV 16 dan 18 menjadi jenis virus yang paling banyak menyebabkan kanker serviks pada wanita. Sangat besar kemungkinan anda terserang penyakit kanker serviks jika sering berganti-ganti pasangan. Karena cara penularan virus HPV yang paling mudah yaitu melalui hubungan seksual.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker serviks:

  • Memiliki pasangan lebih dari satu atau sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Aktif melakukan aktifitas seksual pada kumur yang terlalu dini
  • Merokok
  • Mengkonsumsi pil KB lebih terlalu lama lebih dari 5 tahun
  • Terlalu sering melahirkan anak
  • Sistem imunitas yang lemah

Untuk mencegah penyebaran kanker serviks maka ada baiknya anda mengenal lebih jauh mengenai beberapa gejala kanker serviks. Meskipun pada awalnya penyakit kanker serviks ini tidak memunculkan gejala yang signifikan bahkan dalam beberapa kasus gejalanya malah tidak terlihat Namun ada beberapa gejala kanker serviks yang wajib anda ketahui seperti:

  • Keluar adarah setelah berhubungan seksual ataupun keluar darah di luar masa menstruasi
  • Rasa nyeri saat berhubungan seksual
  • Siklus menstruasi yang lebih lama lebih dari 7 hari dengan pendarahan yang banyakKeluar cairan berwarna merah muda, cokelat yang bercampur darah disertai bau menyengat
  • Nyeri pada perut bagian bawah atau panggul

Dalam kondisi lebih parah gejala kanker serviks yang muncul yaitu:

  • Hematuria urine yang bercampur darah
  • Pembengkakan pada kaki
  • Nyeri tulang, punggung juga pinggang
  • Buang air besar dan kecil bermasalah
  • Berat badan yang menuirun drastis
  • Nafsu makan atau selera makan hilang

Melakukan papsemar menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah anda terserang kanker serviks atau tidak. Pemeriksaan papsmear dapat menjadi jalan untuk mengecek kesehatan sel-sel di leher rahim guna mendeteksi sedini mungkin jika terdapat pertumbuhan sel abnormal. Tentunya jika kanker serviks diketahui sedini mungkin maka besar kemungkinan peluang untuk sembuh sangatlah besar.

Baca juga artikel lainnya:

Waspadai Hal Ini Jika Keputihan Berwarna Cokelat Dan Berbau

Gejala Infeksi Bakteri Vagina

Manfaat Daun Sirih Untuk Menjaga Kesehatan Vagina