Mitos Atau Fakta Nyeri Sendi Menjadi Penyebab Kelumpuhan

Mitos Atau Fakta Nyeri Sendi Menjadi Penyebab Kelumpuhan www.produsenobat.com,- Banyak yang mengatkan jika nyeri sendi dapat menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan benarkah demikian? Untuk menjawab rasa penasaran anda yuk simak penjelasannya berikut ini.

Nyeri sendi memang sering kali dialami orang tua, namun saat ini diketahui banyak anak-anak muda yang mengalami sakit di persendian. Ya memang banyak faktor yang bisa menjadi penyebab nyeri sendi. Nyeri sendi sendiri merupakan nyeri pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang dan biasanya berlangsung dalam waktu singkat maupun lama tergantung dari kondisi seberapa parah.

Nyeri sendi bisa muncul di bagian tubuh mana saja namun yang paling sering di bagian lutut, sendi tulang belakang, juga sendi jari tangan. Tentunya saat nyeri sendi muncul akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari bahkan dalam beberapa kasus banyak yang kesulitan untuk berjalan. Beberapa faktor penyebab nyeri sendi yaitu penyakit asam urat, patah tulang, infeksi, adanya kerusakan tulang rawan, adanya pendarahan di dalam sendi, kanker, penyakit hemofilia, hingga adanya peradangan pada jaringan sendi dan tendon.

Gejala nyeri sendi yang sering muncul yaitu terasa lunak pada area tubuh yang terkena nyeri sendi, kemerahan, panas, dan rasa nyeri. Dalam beberapa kasus nyeri sendi juga dapat memunculkana gejala yang lebih parah seperti kesulitan berjalan hingga mati rasa. Tentunya nyeri sendi tidak dapat dianggap sebagai hal sepele jika gejala nyeri sendi muncul lebih parah sebaiknya segera periksa ke dokter.

Lalu apakah benat jika nyeri sendi ini menjadi penyebab kelumpuhan? memang banyak mitos yang beredar di masyarakat jika nyeri sendi dapat menyebabkan seseoarang lumpuh. Faktanya bukan hanya mitos saja nyatanya memang benar jika nyeri sendi dapat menyebabkan kelumpuhan, bukan tanpa alasan pada kasus nyeri sendi berat atau parah seseorang akan mengalami kesulitan menggerakan anggota tubuh yang terserang contohnya saja kaki atau lutut. Tidak hanya berjalan untuk sekedar menggerakan pun akan terasa sangat sulit, apalagi jika nyeri sendi menyerang tulang belakang maka bisa menyebabkan penekanan syaraf. Akibat dari penekanan syaraf tersebut dapat berpengaruh pada gangguan hantaran saraf yang langsung berakibat fatal pada gangguan motorik saat berjalan.

Nyeri sendi harus mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat untuk mencegah kondisi semakin parah. Dalam kasus nyeri sendi ringan anda dapat melakukan perawatan sederhana di rumah yaitu dengan istirahat yang cukup, mengkompres bagian yang terserang dengan kantong es selama 20 menit, hingga mengkonsumsi obat antiinflamasi.

Baca juga artikel lainnya:

Ketahui Apa Bedanya Pegal Linu dan Radang Sendi

Manfaat Keju Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Ketahui Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri Sejak Dini