Penyebab Sakit Telinga

Penyebab Sakit Telinga Yang Wajib Diketahui Sedini Mungkin www.produsenobat.com,- Saat ini tidak sedikit orang yang mengeluhkan sakit telinga. Ya pada kenyataannya sakit telinga bisa menyerang siapa saja baik anak kecil, orang dewasa, hingga lansia. Sakit telinga muncul akibat adanya infeksi pada salah satu atau beberapa bagian pada telinga. Selain menyebabkan rasa sakit, nyatanya sakit telinga juga akan membuat anda tidak nyaman terlebih lagi untuk anda orang yang aktif bekerja. Sakit telinga sendiri dapat muncul akibat dari beberapa faktor, lalu apa saja penyebab sakit telinga? Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi untuk mendengar juga menjaga keseimbangan tubuh. Telinga sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu telinga bagian luar, bagian tengah, juga bagian dalam. Tentunya ketiga bagian tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri, namun jika terdapat gangguan pada salah satu bagian maka akan berimbas pada pendengaran.

Sakit telinga tentunya bukan hal yang mudah dilalui. Meskipun pada tahap awal sakit telinga tidak terlalu sering muncul namun jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat maka akan berakibat parah. Secara umum ada beberapa gejala sakit telinga yang wajib anda ketahui seperti demam, sesak pada telinga, gelisah, nyeri telinga baik di bagian dalam dan luar, nafsu makan berkurang biasanya terjadi pada anak-anak, keinginan untuk mengorek telinga karena gatal, kehilangan pendengaran atau gangguan pendengaran, keluar cairan dari telinga, flu atau pilek, juga adanya radang telinga.

Pada dasarnya banyak faktor yang bisa menjadi penyebab sakit telinga. Dan berikut ini beberapa penyebab sakit telinga secara umum:

Trauma
Pernah mengalami kecelakaan hingga menyebabkan luka pada telinga bisa jadi menjadi penyebab telinga sakit. Tidak hanya itu saja trauma juga bisa disebabkan karena penggunaan cotton buds dan mengorek telinga terlalu keras yang menyebabkan iritasi pada gendang telinga.

Benda asing
Masuknya benda asing menjadi penyebab sakit telinga yang paling banyak terjadi terutama anak-anak. Benda asing ataupun serangga kecil yang masuk kedalam telinga dapat sampai ke bagian tengah telinga yang menyebabkan telinga terasa sakit.

Adanya peradangan
Peradangan pada telinga atau sering juga disebut dengan istilah ototis ini menjadi penyebab nyeri telinga selanjutnya. Peradangan pada telinga dapat terjadi akibat adanya virus dan bakteri yang masuk kedalam telinga biasanya hal tersebut sangat rentan menyerang bayi dan anak-anak. Kondisi tersebut dapat menyebabkan gendang telinga menjadi lebih lembab sehingga akan sangat memudahkan bakteri dan virus berkembang.

Lingkungan
Tidak hanya akibat adanya infeksi saja nyatanya sakit telinga juga bisa di akibatkan oleh faktor lingkungan. Tentu saja beberapa faktor berikut ini tanpa sadar dapat menyebabkan telinga terasa sakit seperti mendengarkan suara yang terlalu keras hingga menyelam ke bawah air yang menyebabkan adanya perubahan tekanan yang mendadak pada telinga. Bahkan hal tersebut dapat menyebabkan gendang telinga pecah.

Selain beberapa penyebab sakit telinga diatas, ada beberapa penyebab lainnya seperti adanya gangguan keseimbangan, kanker, hingga masalah di wajah. Meskipun tidak semua sakit telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran namun ada kalanya hal tersebut dapat saja terjadi terutama untuk anda yang terlalu sering terkena paparan bising, penuaan, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Maka dari itu untuk mencegah hal tersebut terjadi ada baiknya selalu menjaga kesehatan telinga sedini mungkin. Berikut ini beberapa tips mencegah gangguan pada telinga.

  • Jangan terlalu sering mendengarkan musik menggunakan earphone kasih jeda beberapa menit
  • Jangan pernah tidur menggunakan earphone yang menyala
  • Hindari paparan suara yang terlalu keras dalam waktu yang lama
  • Jangan pernah membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau alat lainnya yang berbahaya
  • Jangan pernah berada di dekat pengeras suara

Jika sakit pada telinga dibarengi dengan gejala lainnya maka sebaiknya segera memeriksakannya pada dokter spesialis THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Baca juga artikel lainnya:

Pilihan Obat Radang Tenggorokan Untuk Anak Yang Aman

Ear Candle, Amankah?

Amankah Tampon Bagi Kesehatan Vagina Wanita?

Gejala Infeksi Bakteri Vagina