Penyebab Stroke Pada Remaja

Inilah Penyebab Stroke Pada Remaja Yang Wajib Diketahui www.produsenobat.com,- Penyakit stroke memang dikenal sebagai penyakit yang banyak menyerang orang lanjut usia. Namun jangan salah faktanya penyakit stroke ini juga dapat menyerang anak hingga remaja. Penyakit stroke sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan rusaknya sebagian otak. Stroke bisa membuat penyumbatan aliran darah sehingga aliran darak ke otak terhambat alhasil fungsi sel otak melemas hingga hilang.

Diketahui penyebab pasti penyakit stroke pada anak dan remaja yaitu akibat dari kelainan pembuluh darah otah dan anuerisma. Tidaka hanya itu saja beberapa riwayat kesehatan anak atau remaja juga ikut andil dalam masalah pembekuan darah juga penyakit stroke.

Stoke pada remaja sering kali tidak memunculkan gejala, namun ada beberapa gejala yang berkaitan dengan penyakit stroke yang bisa saja di alami anak atau remaja seperti:

  • Sakit kepala hebat
  • Penglihatan kabur atau kurang jelas
  • LemasKesulitan dalam berbicara dan memahami
  • Merasa bingung
  • Sulit berjalan
  • Tingkat keseimbangan yang buruk
  • Kewaspadaan yang menurun hingga tingkah laku yang tak biasa

Dan berikut ini beberapa penyebab utama penyakit stroke pada remaja yang wajib diketahui sedini mungkin.

Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Meskipun masalah hiprtensi ini tidak umum dialami anak atau remaja namun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang anak-anak dan remaja. Hipertensi yang tidak ditasi secara benar hingga menyebabkan keparahan bisa berujung pada pada penyakit jantung dan stroke.

Migrain
Migrain merupakan kondisi sakit kepala berdenyut yang ringan hingga parah dirasakan pada sebelah sisi kepala saja. Meskipun migrain ini tidak ada kaitannya dengan penyakit stroke namun diketahui anak atau remaja yang sering mengalami migrain bersiko meningkatkan penyakit stroke meskiopun sedikit.

Kolesterol tinggi
Kolesterol tinggi yang tidak ditangani secara benar bisa menyebabkan berbagai penyakit berat seperti penyakit jantung dan meningkatkan resiko penyakit stroke. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi pada remaja mulai dari gangguan metabolisme bawaan, asupan makanan yang kurangs ehat, merokok, kurang olahraga, hingga obesitas.

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
Masa remaja memang merupakan masa dimana banyak rasa penasaran. Tidak sedikit para remaja yang terjerumus mengkonsumsi obatan-obatan seperti pil kafein, narkoba, merokok, hingga minum-minuman keras. Beberapa kebiasaan tersebut nyatanya tidak hanya mendatangkan penyakit berat lainnya namun juga dapat meningkatkan resiko terkena stroke di usia muda.

Penyakit jantung
Penyakit jantung bawaan bisa menyebabkan fungsi jantung tidak berjalan optimal, serangan jantung, detak jantung tidak beraturan. Beberapa gejala tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit stroke.

Anemia sel sabit
Anemia sel sabit merupakan masalah kurang darah dimana terjadi kelainan bentuk sel darah merah yang harusnya berbentuk bulat menjadi bentuk bulan sabit. Biasanya kelainan sel darah manis ini terbentuk keras jika gumpalan keras tersebut muncul di sekitar aliran darah ke otak maka bisa menyebabkan penyakit stroke.

Infeksi
Riwayat pernah mengalami infeksi berat yang menyebabkan gangguan sel darah hingga kekebalan tubuh dapat berakibat fatal pada penggumpalan darah. Sudah jelas sekali jika penggumpalan darah dapat meningkatkan resiko penyakit stroke. Pencegahan pasti terhadap infeksi berat yaitu dengan melakukan imunisasi.

Jika anak atau remaja mengalami beberapa gejala diatas maka sebaiknya melakukan pemeriksaan awal agar terdeteksi sedini mungkin dengan begitu tingkat ksembuhan masih terbuka lebar.

Baca juga artikel lainnya:

Pertolongan Pertama Saat Orang Terdekat Terserang Stroke

Makanan Sehat Dan Alami Untuk Penderita Kolesterol

Fakta Atau Mitos Rematik Bisa Menyerang Anak-Anak