Pertolongan Pertama Saat Orang Terdekat Terserang Stroke

Pertolongan Pertama Saat Orang Terdekat Terserang Stroke www.produsenobat.com,- Stroke merupakan sebuah penyakit yang paling mengancam mereka yang kurang menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya. Secara medis, pengertian stroke adalah gangguan fungsi otak yang terjadi mendadak. Penyebabnya adalah gangguan pembuluh darah di otak. Pada umumnya, stroke memiliki tanda gangguan saraf baik lokal maupun global yang berlangsung selama 24 jam.

Pertolongan Pertama Saat Orang Terdekat Terserang Stroke

Pertolongan Pertama Saat Orang Terdekat Terserang Stroke

Di tanah air, stroke menjadi salah satu penyebab kematian. Perkembangan penyakit stroke di Indonesia yaitu sebesar 15,4 persen dari total kasus kematian yang diakibatkan penyakit. Sekitar 2,5 persen pasien stroke meninggal dunia, sisanya mengalami cacat yang bervariasi. Nah, jika orang terdekat Anda terkena stroke, jangan panik. Tangani dengan tepat dan segera lakukan pertolongan pertama. Berikut kami berikan informasi empat pertolongan pertama saat orang di sekitar Anda terserang stroke ringan yang mungkin bisa menyelamatkan nyawa orang tersebut.

Pertama, rebahkan. Saat seseorang terkena stroke dan tubuhnya rubuh, segera rebahkan dengan tinggi kepala sekitar 30 derajat. Hal tersebut berfungsi agar aliran darah lancar.

Kedua, lancarkan pernafasan. Bebaskan orang yang terkena stroke dari pakaian ketat yang menghambat pernafasannya. Seperti mengendorkan ikat pinggang atau bra yang dipakai.

Ketiga, lakukan pemeriksaan tekanan darah. Seringkali lonjakan tensi terjadi saat pasien ada di lokasi stroke, sementara ketika sampai di rumah sakit, tekanan darahnya sudah lebih turun.

Keempat, berikan oksigen. Jika ada tabung oksigen akan lebih bagus karena akan membantu pasien stroke untuk bernafas lebih lega.

Perlu diwaspadai bahwa stroke bisa terjadi dan muncul kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja. Baik kepada orang yang sedang beristirahat maupun yang sedang beraktivitas. Bahkan tidak jarang kasus stroke tidak disertai dengan gejala stroke apapun. Secara umum, orang yang terkena stroke akan mengalami gangguan fungsi seperti bicara menjadi cadel wajah menjadi asimetris, lengan atau tungkai menjadi lemah. Lemahnya lengan atau tungkai biasanya hanya menyerang satu sisi tubuh, sangat jarang menyerang kedua sisi tubuh dalam waktu bersamaan. Pertolongan pertama stroke di rumah dengan tusuk jari dengan jarum.

Gangguan saraf tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada area ganglia basalis, tempat saraf-saraf motorik mengatur pergerakan otot dalam tubuh. Sementara defisit neurologis global terjadi akibat adanya gangguan pada ascending reticular activating system (ARAS), area otak yang mengatur kesadaran. Maka dari itu penting sekali unyuk kita dalam mengetahui penyebab stroke dan cara mengatasinya. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi untuk pencegahan stroke yang tepat.

Mendeteksi orang apakah terkena stroke atau tidak bisa dengan beberapa cara. Pertama bisa pada wajah. Mintalah orang yang dicurigai terkena stroke untuk tersenyum. Jika tidak simetris, berarti kemungkinan terkena stroke. Selain pada wajah, lengan juga bisa diuji dengan mengangkat kedua lengan lurus ke depan dan menahannya. Jika seseorang hanya mampu mengangkat satu tangan, dia terindikasi stroke.