Pilihan Obat Sesak Nafas Alami

Pilihan Obat Sesak Nafas Alami dan Cara Membuatnya www.produsenobat.com,- SEsak napas dapat menimpa siapa saja mulai dari anak kecil hingga dewasa. Banyak oang yang melakukan pengobatan sesak nafas atau asma secara medis. Namun anda juga bisa melakukan pengobatan alami dengan beberapa bahan alami di bawah ini. Berikut ulasannya.

Pilihan Obat Sesak Nafas Alami dan Cara Membuatnya

Sesak napas merupakan kondisi dimana anda merasa kesulitan bernapas hingga kekurangan oksigen. Penyebab sesak napas sendiri bermacam-macam seperti alergi, anemia, pilek, TBC, asma, sinusitis, paru-paru basah, tekanan darah rendah, kanker paru paru, patah tulang rusuk, keracunan karbonmonoksida, penyakit paru bstruktif kronik (PPOK), penyakit jantung. Tidak hanya itu ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan sesak nafas seperti pada saat melakukan olahraga berlebih, berada di ketinggian, obesitas, hingga berada di tempat yang bersuhu ekstrem.

Sesak nafas atau asma merupakan penyakit yang tidak boleh di sepelekan apalagi jika sesak nafas muncul secara tiba-tiba penanganan yang cepat dan tepat harus segera di lakukan. Maka tidak heran jika penderita asma biasanya melakukan perawatan medis secara rutin untuk mengetahui kondisinya. Ditmbah lagi biasanya dokter akan memberikan beberapa obat yang dapat membantu meringankan sesak nafas. Meskipun sifatnya tidak menyembuhkan namun dapat membantu meringankan jika sesak nafas muncul.

Selain dengan pengobatan medis anda juga dapat memanfaatkan beberapa bahan alami berikut ini sebagai obat sesak nafas alami. Berikut ini pilihan obat sesak nafas alami dan serta cara membuatnya:

Jahe
Jahe dikenal sebagai bumbu dapur yang memberikan sensasi hangat pada tubuh. Tidak hanya dipakai sebagai bumbu dapur untuk membuat masakan lebih nikmat nyatanya jahe sudah banyak digunakan sebagai bahan alami untuk pengobatan penyakit salah satunya obat asma. Jahe dikenal memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan dimana secara alami dapat membantu mengatasi peradangan pada penderita asma. Cara membuat obat asma dari jahe sangatlah mudah siapkan bahan-bahan seperti jahe dan madu. Geprek jahe hingga agak hancur kemudian tambahkan 1 sendok makan madu asli dan masukan air panas tunggu hingga dingin. Meminum rammuan tradisional jahe dan madu di klaim dapat membantu mengatasi asma, mengatasi peradangan pada paru, hingga mengurangi jumlah lendir.

Madu dan kunyit
Obat sesak nafas selanjutnya anda dapat mencoba ramuan madu dan bubuk kunyit. Madu tidak hanya memiliki rasa yang manis saja namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Manfaat madu untuk penyakit asma yaitu dapat membantu megurangi lendir, mengencerkan lendir hingga mudah untuk di keluaran. Sedangkan kunyit bersifat antiinflamasi yang sangat membantu meringankan perdangan pada paru-paru. Cara membuat obat asma dari madu dan bubuk kunyit sangatlah mudah. Siapkan bahan-bahan seperti 1/4 sdt bubuk kunyit, 2 sdm madu asli, air hangat segelas. Campurkan madu dan bubuk kunyit kemudian masukan air hangat aduk hingga tercampur rata.

Buah cermai
Obat sesak nafas alami selanjutnya yaitu buah cermai. Buah yang memiliki rasa asam ini nyatanya tidak hanya dapat di jadikan sebagai manisan saja namun juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit kulit dan meringankan penyakit asma. Cara membuat obat asma alami dengan buah ceremai yaitu siapkan 6 biji buah ceramai, 8 buah kelengkeng, 1/4 genggam akar kara, 2 siung bawang merah, serta dua gelas air matang. Tumbuk semua bahan jika sudah halus masukan dua gelas air kedalam panci kemudian masukan hasil tumbukan tadi. Rebus hingga air tersisa 1/2 gelas. Saring kemudian dinginkan sebentar dan minum secara rutin.

Bunga kenanga kering
Bunga berwarna kuning ini tidak hanya sangat indah di pandang namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Bungan kenanga dapat membantu meringankan asma secara alami. Bunga kenanga kering dapat di jadikan senbagai obat sesak nafas alami. Cara membuat obat asma dari bunga kenanga kering sangatlah mudah yaitu rebus 3 kuntuk bunga kenanga kering dengan 200 cc air. Biarkan beberapa saat dan tutup rapat wadah atau panci saat merebus. Seetelah mendidih diamkan beberapa saat hingga dingin kemudian minum air rebusan bunga kenanga kering tersebut secara rutin setiap hari.

Itulah beberapa obat sesak nafas alami yang bisa anda buat sendiri di rumah, tentunya dengan menggabungkan pengobatan medis dengan pengobatan alternatif akan sangat membantu dalam mengatasi penyakit asma anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga artikel lainnya:

Bahaya Parasetamol Picu Kerusakan Hati

Ketahui Apa Bedanya Pegal Linu dan Radang Sendi

Save

Save