Sering Haus? Waspada Gejala Diabetes!

Sering Haus? Waspada Gejala Diabetes!

gejala diabetes

Produsen Obat – Tentunya saat mendengar penyakit diabetes yang terlintas daripikiran kita berbagai pertanyaan seperti apakah penyakit diabates dapat sembuh? apakah penyakit diabetes dapat menular. Memang pertanyaan tersebut memang wajar saja di lontarkan saat seseorang di vonis menderita penyakit diabetes. Namun anda juga harus lebih jeli dalam meilhat perubahan-perubahan abnormal dari kondisi tubuh anda. Saat tubuh kekurangan cairan, mulut akan terasa haus. Hal tersebut normal karena tubuh perlu cairan untuk tetap menjalankan metabolisme. Namun jika haus terlalu sering, bisa jadi adanya hal yang kurang normal dalam tubuh. Salah satunya Anda kemungkinan terkena gejala penyakit diabetes atau bisa juga disebut dengan salah satu ciri-ciri penyakit diabetes atau gula.

Secara umum, seseorang akan merasa haus saat dirinya dehidrasi. Misal setelah cukup lama tidak minum atau karena kondisi tertentu seperti diare, olahraga dan berkeringat, serta karena muntah-muntah. Mengonsumsi makanan asin dan pedas juga membuat mulut terasa haus dan timbul keinginan minum lebih banyak. Wanita hamil juga cenderung gampang haus dan mudah buang air kecil. Begitu juga saar mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti diuretik dan litium yang membuat orang merasa haus berlebihan.

Selain penyebab haus yang disebutkan tersebut, ada pula kasus dimana ingin minum terus menerus atau yang disebut pula sebagai polidipsia. Jika Anda mengalaminya maka harus diwaspadai karena bisa jadi itu merupakan gejala penyakit serius.

Diabetes
Penyakit kronis ini disebabkan karena adanya kadar gula dalam darah yang berlebihan. Hal ini membuat ginjal harus memproduksi lebih banyak urin yang bertujuan membantu melepaskan glukosa dari tubuh. Itulah mengapa penderita diabetes terus merasa haus karena otak memberi perintah kepada tubuh untuk mengganti cairan yang hilang. penyakit diabetes juga ada diabetes kering dan diabetes basah.

Kondisi haus tersebut biasanya disertai dengan berbagai kondisi lain seperti berat badan turun, selalu merasa lelah, serta terus buang air kecil.

Ketoasidosis diabetikum
Komplikasi diabetes ini adalah kondisi dimana kadar gula darah terlalu tinggi namun kadar insulin kurang. Tubuh tidak mampu menggunakan glukosa sehingga tubuh memecah lemak sebagai penggantinya. Hal tersebut menyebabkan penumpukan keton dalam tubuh yang disebut juga dengan diabetes tipe 1 terkadang kasus tersebut terjadi pula pada penyakit diabetes melitus tipe 2. Tidak hanya merasa haus terus, penderita juga biasanya merasa sangat lelah, sering buang air kecil, sakit pada perut bagian atas, susah bernafas, bahkan bisa koma. Ketoasidosis diabetikum termasuk penyakit yang mengancam nyawa. Tentunya penyakit diabetes dan cara mrengatasinya selalu di upayakan oleh para ahli, namun pasien penderita penyakit diabetes pun sangat berperan penting dalam menjaga asupan makanannya.

Diabetes insipidus
Penyakit ini berhubungan dengan diabetes melitus karena sama-sama disebabkan oleh ADH (antidiuretik) yang mengatur kadar cairan di dalam tubuh. Kondisi ini membuat tubuh penderita memproduksi urin dalam volum tinggi sehingga selalu merasa haus.

Anemia sel sabit
Penyakit ini diderita oleh mereka yang kondisi sel darah merah dalam tubuhnya berkembang tidak normal. Sel darah normal berbentuk seperti cakram bikonkaf serta lentur sementara sel darah yang tidak normal berbentuk sabit, kaku, dan mengandung hemoglobin cacat. Seseorang yang memiliki sel darah merah abnormal akan mengalami anemia yang membuat ginjal bisa rusak. Ketika ginjal rusak, penderita akan cepat haus.