Tips Cara Membersihkan Telinga

Tips Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman www.produsenobat.com,- Telinga yang terawat bersih tentunya dapat menunjang kesehatan hingga mengoptimalkan fungsinya. Ya tidak jarang telinga harus mendapatkan perawatan yang rutin guna membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Nah mungkin anda sering kali membersihkan menggunakan cotton bud karena penggunaanya yang sangat cukup praktis. Namun apakah anda tahu jika penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga ini memiliki resiko yang buruk bagi kesehatan telinga. Penggunaan cotton bud dapat memicu kotoran di dalam telinga makin terdorong ke dalam. Lalu bagaimana cara membersihkan telinga yang benar? simak ulasannya berikut ini.

Terkadang perawatan telinga memang sering kali terlewatkan. Tidak hanya bagian dalamnya saja, perwatan telinga yang mudah dilakukan yaitu pada bagian luarnya. Telinga sendiri merupakan salah satu anggota tubuh yang diketahui memiliki tingkat kerawanan yang cukup sensitif. Maka tidak heran jika anda melakukan kesalahan dalam perawatannya maka secara langsung gejalanya gangguan pada telinga akan terasa.

Harus anda ketahui jika telinga merupakan salah satu organ tubuh yang dapat membersihkan kotorannya sendiri. Pada dasarnya kotoran di dalam telinga memiliki fungsi sebagai penyaring debu hingga mencegah air tidak masuk kedalam telinga. Kotoran telinga dalam jumlah yang wajar tidaklah mengganggu, namun jika sudah terlalu banyak maka bisa menyebabkan rasa sakit hingga mengganggu pendengaran. Meskipun pada dasarnya telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan kotorannya sendiri, namun jika anda ingin membersihkan telinga pastikan mengetahui cara membersihkan telinga yang benar seperti berikut ini.

Hindari penggunaan alat berbahaya
Tidak sedikit orang yang membersihkan bagian dalam telinga menggunakan cotton bud, klip kertas, lidi yang lapisi kapas, hingga jepit rambut. Beberapa alat tersebut termasuk kedalam alat berbahaya yang tidak di sarankan untuk digunakan saat membersihkan telinga.

Penggunaan berbagai alat tersebut nyatanya dapat menyebabkan kotoran semakin masuk kedalam telinga. Tidak hanya itu saja penggunaan beberapa alat tersebut juga dapat merusak gendang telinga apalagi jika digunakan terlalu dalam.

Gunakan obat tetes telinga
Obat tetes telinga dijual bebas di toko obat ataupun apotek.Obat tetes telinga bisa anda gunakan untuk membantu membersihkan kotoran didalam telinga hingga mengatasi kotoran telinga yang kering dan keras. Selain obat tetes telinga anda juga dapat menggunakan baby oil, minyak kelapa atau gliserin. Dua hari kemudian teteskan air hangat kemudian miringkan kembali telinga sehingga kotoran dapat keluar. Bersihkan telinga menggunakan handuk lembut setelahnya.

Selain dari cara membersihkan telinga di atas ada beberapa hal yang harus di perhatikan atau bahkan jangan di akukan. Seperti jangan mengorek telinga terlalu dalam karena dapat menyebabkan rusaknya gendang telinga dan pastikan melakukan perawatan telinga dengan wajar. Tidak perlu setiap hari cukup satu minggu sekali pasalnya pembersihan telinga yang dilakukan setiap hari bisa menyebabkan serumen atau lapisan minyak alami di dalam telinga hilang. Fungsi serumen sendiri yaitu dapat melindungi telinga dari debu atau kotoran dari luar.

Baca juga artikel lainnya:

Penyebab Sakit Telinga

Ear Candle, Amankah?

Manfaat Terapi Lintah Untuk Kesehatan