Tips Cara Mengatasi Jerawat Di Kulit Kering

Tips Cara Mengatasi Jerawat Di Kulit Kering Secara Cepat  www.produsenobat.com,- Hadirnya jerawat sering kali membuat orang merasa tidak percaya diri. Ya jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang banyak di alami semua kalangan terutama remaja. Umumnya jerawat memang sangat mudah tumbuh di kulit yang berminyak. Namun bukan berarti untuk anda yang memiliki kulit kering dapat ter hindar dari jerawat. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang benar? simak ulasannya berikut ini.

Jenis kulit berminyak memang sangat rentan terserang jerawat, namun apapun jenis kulit anda nyatanya secara alami kulit akan memproduksi minyak. Namun mengapa produksi minyak di kulit pada kulit kering sangat tidak terlihat? nyatanya kulit kering juga memproduksi minyak namun minyak yang dihasilkan akan lebih cepat terserap kembali. Pada dasarnya produksi minyak di kulit memiliki peranan penting bagi kulit seperti menjaga regenerasi sel dan mencegah kuman penyebab iritasi pada kulit. Dapat di katakan jika kulit kering ini termasuk ke dalam kondisi kulit rusak karena kemampuan kulit untuk melakukan tugas seperti menjaga regenerasi sel dan mencegah iritasi kulit tidak dapat dilakukan.

Jangan salah jika produksi minyak pada kulit kering sangatlah sedikit, meskipun tidak terlihat nyatanya produksi minyak pada kulit kering lebih banyak. Tentunya bukan tanpa alasan nyatanya produksi berlebih tersebut merupakan cara alami untuk melembabkan kulit, namun akibat dari produksi minyak berlebih tersebut bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Bukan hal baru lagi jika penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit dapat menyebabkan kulit teriritasi dan meradang. Alhasil pori-pori akan lebih mudah tersumbat yang berpotensi tinggi menyebabkan munculnya jerawat.

Tidak hanya itu saja penggunaan berbagai perawatan kulit yang tidak sesuai dengan kondisi kulit bisa menyebabkan kulit semakin kering. Terlebih lagi jika anda memiliki kulit sensitif, senyawa yang terkandung pada berbagai produk perawatan kulit bisa saja menyebabkan kulit mengalami iritasi hingga memunculkan jerawat. Selain itu mencabut paksa kulit kering yang mengelupas juga bisa meningkatkan resiko tumbuhnya jerawat karena jika terjadi lecet atau luka maka bakteri akan sangat mudah masuk.

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat di kulit kering yang benar dan tepat berikut tipsnya.

Gunakan pelembab dan tabir surya
Saat anda mengalami jerawat pastikan untuk menggunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak atau dengan label oil free. Gunakan pelembab sebelum menerapkan obat jerawat. Gunakan pelembab dengan SPF untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan gunakan krim pada malam hari secara rutin. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan handuk yang sering digunakan untuk mengeringkan kulit wajah. Handuk kotor bisa menjadi media masuknya bakteri penyebab jerawat.

Gunakan facial foam tanpa busa
Untuk jenis kulit kering pastikan untuk memilih facial foam yang tidak berbusa. Facial foam tanpa busa bisanya tidak membuat kulit menjadi lebih kering setelahnya. Gunakan facial foam sewajarnya 2x sehari jangan terlalu sering membersihkan kulit wajah karena dapat mengurangi produksi minyak.

Gunakan obat jerawat
Penggunaan obat jerawat tentunya menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi jerawat. Namun jika anda memiliki jenis kering pastikan untuk memilih obat jerawat berbentuk lotion, gel, salep, hingga krim cair. Biasanya obat jerawat berbentuk seperti itu dapat mengurangi efek kering pad kulit.

Adaptasi dengan obat jerawat
Pada dasarnya obat jerawat memang sering kali membuat kulit menjadi lebih kering. Untuk mengatasi berbagai keluhan saat menggunakan obat jerawat anda dapat menggunakannya selang-seling sehari pakai sehari tidak atau 3 hari sekali. Langkah tersebut bertujuan untuk membiarkan kulit beradaptasi langsung dengan obat jerawat.

Itulah beberapa cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang bisa anda coba. Selain dari perawatan tersebut anda juga dapat mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat istirahat cukup, olahraga rutin, banyak minum air putih, mengkonsumsi makanan sehat terutama sayur dan buah, serta hindari merokok dan begadang.

Baca juga artikel lainnya:

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Kemaluan

Mitos Atau Fakta Rokok dan Kopi Bisa Membuat Kulit Kering

Mitos dan Fakta Seputar Jerawat

Manfaat Masker Seledri Untuk Atasi Kulit Berminyak