Tips Mencairkan ASI Perah Beku

Tips Mencairkan ASI Perah Beku

tips-mencairkan-asi-perah-bekuTips Mencairkan ASI Perah Bekuwww.produsenobat.com,- Bagi Anda wanita karir yang ingin tetap memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati berupa ASI, biasanya melakukan metode membekukan ASI. Setelah membahas mengenai cara menyimpan ASI perah, sekarang kami akan membahas mengenai cara atau tips mencairkan ASI perah beku. Pada umumnya, ASI perah yang dibekukan akan mengalami perubahan bau, perubahan warna, dan perubahan konsistensi setelah dicairkan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencairkan ASI perah:

-Anda bisa menggunakan penghangat ASI elektrik yang banyak dijual di toko online untuk mencairkan ASI perah beku. Jika tidak, Anda bisa menempatkan botol penyimpan ASI perah beku ke dalam panci merisi air hangat. Jangan menaruh panci tersebut di atas kompor menyala. ASI perah beku sebaiknya jangan langsung dikeluarkan dalam suhu ruangan. Menurut beberapa studi, perubahan suhu yang cepat bisa memberikan pengaruh terhadap kandungan antibodi yang bermanfaat untuk bayi.

-ASI perah yang disimpan di freezer bisa disimpan terlebih dahulu di ruang pendingan kulkas, lalu hangatkan dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Yang perlu diperhatikan, jangan membekukan ASI perah yang kedua kalinya atau yang sudah dicairkan karena banyak kandungan nutrisi pentingnya akan hilang.

-Jika ASI perah beku diperlukan segera, Anda bisa menempatkannya di bawah air mengalir dengan suhu normal. Lalu dilanjutkan dengan air hangat. Jika belum terasa hangat, Anda bisa menempatkan botol dalam baskom atau panci berisi air hangat. Untuk mengecek kehangatannya, bisa coba teteskan pada pergelangan tangan.

-Jangan mencairkan atau menghangatkan ASI perah beku dengan microwave karena akan menimbulkan bintik-bintik uap air pada botol ASI yang bisa jadi berbahaya buat bayi. Lebih dari itu, menggunakan microwave membuat suhu ASI perah beku berubah dengan cepat yang akan menghilangankan kandungan antibody yang baik untuk bayi.

-Sebagai informasi, Anda bisa menyimpan ASI beku mulai 6 sampai dengan 12 bulan jika disimpan di dalam suhu minus 18 derajat celcius. Sementara jika dalam freezer kulkas biasa hanya bertahan 3-6 bulan. Saat ASI beku akan diberikan kepada bayi, simpan di bagian depan kulkas dan biarkan mencair semalaman atau sekitar 8 jam. Esok harinya, Anda bisa memeriksa apakah ASI sudah mencair seluruhnya atau belum dengan mengaduknya pakai sendok. Jika masih ada gumpalan ASI beku, biarkan sampai benar-benar mencair. ASI yang sudah dicairkan sebaiknya segera diberikan kepada bayi.

Baca juga:

Cara Menyimpan ASI Perah Yang Benar

Kenali Penyebab dan Cara Meminimalisir Baby Blues

Trik Menghadapi Anak Yang Sulit Makan Sayur

Save

Save