Tips Mencegah Hipertensi Secara Alami Selain Dengan Obat

Tips Mencegah Hipertensi Secara Alami Selain Dengan Obatwww.produsenobat.com,- Hipertensi atau sering juga disebut dengan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan tekanan darah naik. Hipertensi termasuk kedalam penyakit yang jarang memunculkan gejala yang signifikan maka tidak heran jika banyak yang telat melakukan pengobatan.

Tips Mencegah Hipertensi Secara Alami Selain Dengan Obat

Penyebab pasti hipertensi hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti. Namun beberapa faktor berikut ini nyatanya dapat meningkatkan resiko hipertensi seperti obesitas, jarang olahraga, kurang mengkonsumsi buah dan sayur, mengkonsumsi makanan tinggi garam, usia lebih dari 65 tahun, faktor genetik, juga terlalu banyak minum kopi dan minuman keras.

Hipertensi tentunya bukan penyakit ringan yang harus di sepelekan. Pengobatan tentunya harus di lakukan untuk mencegah kondisi semakin parah hingga mwncwgah timbulnya komplikasi. Beberapa komplikasi dari hipertensi yang tidak mendapatkan pengobatan seperti sindrom metabolik, aneurisme, stroke atau serangan jantung, hingga kerusakan pada pembuluh darah di ginjal.

Pengobatan hipertensi yang benar di mulai dengan mengubah gaya hidup sehat. Dan jangan lupa untuk selalu memeriksa tekanan darah secara rutin minimal 5 tahun sekali itu merupakan cara kita mengetahui apakah kita terserang hipertensi atau tidak. Sebelum hal tersebut terjadi maka ada baiknya melakukan pencegahan. Dan berikut ini tips mencegah hipertensi selain dengan obat.

Makanan
Untuk anda yang ingin mencegah hipertensi ada baiknya mengatur asupan makanan. Makanan memiliki peran penting dalam pencegahan berbagai penyakit termasuk hipertensi. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak juga kaya akan serat. Kandungan serat lebih banyak di temukan pada sayur dan buah. Batasi juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan laut, daging merah, ayam, juga ikan. Untuk mengurangi reskio terkena hipertensi ada baiknya juga anda mengurangi asupan garam. Batasi asupan garam setiap harinya sekitar satu sendok teh. Lebih disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, kalsium, juga magnesium.

Hindari obesitas
Barat badan berlebih tidak hanya berpengaruh pada penampilan saja namun juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Obesitas dapat memicu berbagai penyakit kronis salah satunya hipertensi. Menurunkan berat badan dengan cara yang tepat dengan mengubah asupan makanan sehat juga olahraga secara rutin akan berdampak pada tekanan darah juga kesehatan tubuh secara total.

Hindari minuman keras
Minuman keras memang tidak memberikan manfaat apapun bagi kesehatan. Mengkonsumsi minuman keras dalam jumlah yang tinggi setiap harinya dapat meningkatkan resiko hipertensi juga penyakit lainnya.

Berhenti merokok
Untuk menjalani hidup sehat guna mencegah hipertensi tentunya merokok menjadi kegiatan yang harus di hentikan. Pada dasarnya merokok memang tidak menyebabkan penyakit hipertensi secara langsung namun memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung. Bahkan merokok dapat meningkatkan resiko anda terkena stroke dan serangan jantung. Penderita hipertensi yang merokok dapat memperburuk kondisi kesehatan dimana kesehatan jantung hingga paru-paru dapat beresiko terkena dampaknya secara drastis.

Kurangi Kefein
Banyak sekali minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman bersoda, hingga minuman energi. Kebanyakan dari minuman tersebut menjadi minuman sehari-hari yang tidak bisa di pisahkan untuk sebagian orang. Namun tahukah anda jika minuman yang mengandung kafein ini jika di konsumsi lebih dari 4 cangkir per harinya dapat meningkatkan resiko hipertensi.

Lakukan olahraga
Olahraga menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus di lakukan setiap harinya. Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar dan fit saja namun juga dapat menurunkan tekanan darah hingga sangat bagus untuk kesehatan jantung juga pembuluh darah.

Itulah beberapa cara mencegah tekanan darah tinggi yang bisa anda lakukan. Dengan mengubah gaya hidup sehat maka berbagai penyakit salah satunya hipertensi dapat di hindari.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami Tanpa Obat

Ini Dia Gejala Awal Penyakit Jantung Yang Patut Diwaspadai

Makanan Terbaik Untuk Paru Paru Yang Sehat