Tips Mencegah Pusing dan Mual Saat Menjalani Puasa

Tips Mencegah Pusing dan Mual Saat Menjalani Puasa www.produsenobat.com,– Puasa menjadi salah satu kewajiban setiap umat islam yang harus di laksanakan. Tidak hanya menjadi lapang pahala nyatanya puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilihat dari dunia medis puasa memiliki manfaat untuk kesehatan seperti menyehatkan jantung, menjaga berat badan, mengurangi resiko terkena kanker, membantu mengatasi radang sendi, radang usus besar, eksim, psoriasis, menyehatkan ginjal, mencegah penyakit diabetes, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga mencegah penyakit kronis lainnya. Terlebih lagi puasa dapat meningkatkan kosentrasi hingga membuat pola pikir menjadi lebih tajam dan kreatif. Namun tidak sedikit bukan orang yang merasakan pusing dan mual saat puasa? nah bagaimana untuk mencegah hal itu terjadi? simak ulasannya berikut ini.

Tips Mencegah Pusing dan Mual Saat Menjalani Puasa

Tips Mencegah Pusing dan Mual Saat Menjalani Puasa

Tentunya bukan perkara baru jika pusing dan mual sering di rasakan saat menjali puasa. Tentu saja bukan tanpa alasan pusing dan mual dapat muncul saat puasa dikarenakan tubuh belum terbiasa dengan pola makan yang baru di jalani. Tidak hanya itu nyatanya asupan makanan yang di konsumsi saat berbuka dan sahur pun sangat berpengaruh terhadap munculnya pusing dan mual saat puasa.

Adapun beberapa penyebab mual dan pusing saat puasa yaitu akibat dari kurang tidur, stres, hingga rasa rasa tertekan. Biasanya pusing dan mual muncul di siang hari apalagi di saat cuaca sangat panas. Akibat dari pusing dan mual yang tidak tertahankan tidak sedikit juga orang yang terpaksa membatalkan puasanya. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi maka mesti dilakukan pencegahan agar mual dan pusing tidak muncul saat puasa. Berikut ini beberapa tips mencegah pusing dan mual saat puasa yang wajib anda lakukan.

Cukupi asupan cairan
Air memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Asupan cairan yang cukup dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi parah dapat menyebabkan pusing berkepanjangan. Apalagi untuk anda penggemar minuman berkafein seperti kopi maka saat menjalani puasa ada baiknya kebiasaan tersebut di hentikan terlbeih dahulu. Nyatanya kafein memang dapat menyebabkan pusing apalagi saat anda tidak mengkonsumsinya. Penuhi asupan cairan anda dengan minum air putih saat berbuka dan sahur. Penuhi asupan cairan tubuh anda dengan inum air putih 8 gelas per hari 2 gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka dan menjelang tidur.

Jangan lewatkan sahur
Mungkin dari sebagian kita ada beberapa orang yang malas makan sahur. Selain mempunyai nilai keberkahan tersendiri nyatanya sahur memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Sahur layakna sarapan yang dapat menambah energi tubuh saat beraktifitas di pagi hari hingga siang. Tidak hanya itu saja nyatanya dengan makan sahur juga dapat mencegah pusing dan mual yang sering di rasakan saat puasa. Untuk menjaga energi tubuh tetap terjaga anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat komplek yaitu nasi merah, oatmeal, pisang, susu, juga sereal. Jangan lupa imbangi dengan sayuran hingga lauk pauk yang mengandung vitamin dan mineral.

Istirahat yang cukup
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika pusing dan mual bisa juga muncul akibat dari kurang istirahat. Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan saja namun juga dapat membuat anda terasa lebih lelah dan lemas saat menjalan aktifitas di pagi hari. Tidur malam yang berkualitas yaitu 7 sampai 8 jam setiap harinya dan 2 jam tidur siang. Jangan lupa juga lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali dalam semimnggu.

Terapkan pola hidup sehat
Pola hidup sehat dengan menghindari rokok, menghindari mengkonsumsi makanan terlalu pedas, asam, berminyak, juga makanan yang mengandung gas. Tidak hanya itu saja hindari juga minuman yang mengandung kafein juga minuman bersoda karena tidak hanya dapat menyebabkan lambung terganggu dan membuat anda mual dan muntah namun juga dapat membuat anda terasa haus. Untuk anda yang menderita penyakit maag akut sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter, konsumsi obat maag 15 menit sebelum sahur dan berbuka.

Itulah beberapa cara mencegah mual dan pusing saat puasa, jika setelah mencoba beberapa tips diatas pusing dan mual tidak hilang segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Baca juga artikel lainnya:

Alasan Mengapa Penderita Mag Tidak Boleh Mengkonsumsi Nangka

Makanan Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Saat Sahur

Gejala Awal Usus Buntu Wajib Diketahui Sejak Dini

Mitos Atau Fakta Rokok dan Kopi Bisa Membuat Kulit Kering