Tips Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil Dengan Cara Sederhana www.produsenobat.com,- Ibu hamil memang sering kali mengeluhkan memiliki beberapa masalah saat hamil meskipun memang itu tidak terjadi pada semua ibu hamil. Keluhan pada ibu hamil memang beragam mulai dari mual, muntah, sakit pinggang, hingga ambeien. Diketahui ambeien menjadi salah satu keluhan pada ibu hamil yang kerap muncul. Ambeien memang dapat menyerang siapa saja, kondisi tersebut muncul akibat pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan. Tentunya hal tersebut bisa membuat rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? simak ulasannya berikut ini.

Ambeien atau wasir merupakan kondisi dimana terjadinya peradangan dan pembengkakan di vena atau pembuluh darah balik di anus. Tentunya dengan adanya pembengkakan tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat buang air besar. Sembelit pada saat hamil tentunya akan membuat rasa tidak nyaman, bahkan tidak jarang ibu hamil harus mengejan saat buang air besar. Faktanya mengejan terlalu keras saat buang air besar menyebabkan pecahnya pembuluh darah di sekitar anus. Biasanya keluhan ambeien pada ibu hamil terjadi pada akhir trimester kedua hingga trimester ketiga.

Wasir memang sudah menjadi keluhan yang sudah tidak asing lagi pada ibu hamil. Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab ambeien saat hamil seperti perubahan hormon, ukuran janin yang semakin membesar, beban janin yang semakin berat, sembelit, hingga adanya gerakan fisik di perut. Adapun beberapa gejala ambeien pada ibu hamil yaitu gatal di area anus juga sensasi panas, keluar darah segar setelah BAB, tonjolan di sekitar anus, sakit saat buang air besar, rasa sakit seperti menusuk di dekat anus, hingga tekanan yang tidak nyaman.

Pada dasarnya ambeien apda ibu hamil dapat hilang dengan sendirinya setelah melahirkan namun dalam beberapa kasus memang ada juga yang masih mengalami wasir bahkan setelah melahirkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Memang tidak sedikit ibu hamil yang merasa kebingungan untuk mengaobati ambeien mengingat ibu hamil sangat perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat. Untuk membantu para ibu hamil berikut ini informasi tips mengatasi ambeien secara sederhana yang tentunya sangat aman bagi ibu hamil.

  • Berendam di air hangat bisa membantu merileksasi otot juga sirkulasi darah.Berendam dengan air hangat sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 kali sehari selama 10 sampai 15 menit.
  • Perbanyak minum 2 liter per hari dan konsumsi makanan kaya akan serat seperti buah dan sayur untuk mencegah terjadinya sembelit. Tetunya dengan mengatur asupan makanan yamng mengandung serat tinggi dapat mencegah anda mengalami fases keras yang bisa menyebabakan wasir semakin membengkak
  • Senam kagel yang dilakukan secara rutin dan teratur saat hamil tidak hanya dpat menguatkan dinding parineum namun juga dapat melancarkan sirkulasi darah yang mana dapat mencegah hingga meredakan ambeien.
  • Hindari duduk terlalu lama karena dengan duduk terlalu lama bisa menyebabkan tekanan berlebih pada pembuluh darah disekitar anus
  • Untuk mengatasi pembengkakan pada anus anda dapat mengompresnya menggunakan air es
  • Untuk menghindari rasa sakit saat duduk pastikan anda menggunakan bantal donat sebagai alas duduk
  • Biasakan untuk buang air besar secara rutin pada waktu tertentu seperti di pagi hari
  • Konsumsi makanan yang bisa meningkatkan fungsi kerja usus seperti yoghurt anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter
  • Istirahat yang cukup

Itulah beberapa tips mengatasi ambeien pada ibu hamil yang aman dan alami. Namun jika ambeien semakin parah dan semakin mengganggu pastikan untuk segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan cepat guna mencegah ambeien muncul kembali setelah melahirkan.

Baca juga artikel lainnya:

Ingin Segera Hamil? Konsumsi Makanan Berikut!
Alasan Mengapa Ibu Hamil Tidak Boleh Tidur Terlentang
Obat Tipes yang Aman Untuk Anak dan Ibu Hamil
Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran dan Dikuret
Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua