Tips Mengatasi Ruam Eksim Gatal Dengan Makanan Probiotik

Tips Mengatasi Ruam Eksim Gatal Dengan Makanan Probiotik www.produsenobat.com,- Penyakit eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan kulit yang disertai dengan gejala kulit gatal, memerah, hingga  bengkak. Penyakit eksim ini dapat menyerang siapa saja mulqai dari anak kecil, ibu hamil, hingga lansia. Banyak faktor yang menjadi penyebab eksim mulai dari alergi pada produk tertentu, stres, kulit kering, cuaca yang terlalu dingin atau panas, keringat berlebih, demam, hingga infeksi saluran napas atas. Lalu bagaimana cara mengatasi ruam eksim yang gatal ini? mengingat bukan hanya rasa gatal yang sangat mengganggu namun juga disertai dengan ruam merah. Probiotik  menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ruam eksim secara alami. Tidak percaya? simak ulasannya berikut ini.

Penyakit eksim memang sangat mudah ditemukan pada bayi dan anak balita namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun dapat terjangkit. Sistem kekebalan tubuh yang masih lemah atau belum berjalan optimal menyebabkan bayi dan anak balita lebih mudah terserang eksim.

Pengonbatan eksim memang harus dilakukan secara cepat dan tepat untuk mencegah kondii kulit semakin parah atau melebar. Selain dengan obar eksim nyatanya anda juga dapat mengobati eksim secara alami dengan makanan probiotik. Ya makanan yang mengandung probiotik di klaim memiliki manfaat yang sangat bagus untuk pengobatan eksim.

Orang-orang mungkin lebih familiar jika mendengar makanan probiotik ini dikenal sebagai kandungan untuk menyehatkan usus. Faktanya sudah banyak penelitian yang dilakukan yang membuktikan manfaat probiotik untuk pengobatan eksim. Diketahui probiotik ini mengandung bakteri baik yang bertugas untuk menyeimbangkan jumlah bakteri di dalam usus. Dengan jumlah bakteri dalam usus yang seimbng maka dapat berimbas baik pada sistem kekebalan juga penyembuhan peradangan kulit.

Penelitian mengenai manfaat probiotik untuk mengatasi eksim memang sudah di lakukan. Diterbitkan oleh American Journal of Clinical Dermatology menyatakan jika kandungan probiotik jenis Lactobacillus rhamnosus bermanfaat untuk mencegah dan mengobati eksim (dermatitis atopik).

Penelitian lebih jauh mengenai manfaat probiotik untuk mengatasi eksim memang harus dilakukan. Karena ada pula beberapa penelitian yang menyebutkan jika kandungan probiotik tidak berpengaruh apapun pada penykit eksim. Meskipun demikian tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk mengatasi eksim.

Penyakit eksim merupakan penyakit yang mudah menular. Ibu hamil dengan riwayat penyakit eksim berpotensi menurunkannya pada bayi. Nah untuk mencegah hal tersebut ibu hamil dapat mengkonsumsi probitik. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi probiotik dalam bentuk suplemen atau makanan dapat menurunkan resiko anak terkena eksim.

Selain dengan probitik anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegk eksim:

  • Hindari mandi menggunakan air panas
  • Kendalikan stres
  • Gunakan sabun dan sampo berbahan lembut lebih di sarankan memilih dengan label hipoalergenik, hindari penggunaan sabun dan sampo berbahan kasar
  • Gunakan pakaian dengan bahan yang sangat lembut hindari penggunaan baju berbahan poliester hingga bulu domba
  • Waspadai penggunaan kosmetik apalagi yang berbau
  • Hindari makanan atau zat tertentu pemicu alergi
  • Bawa selalu salep eksim

Beberapa makanan yang mengandung probiotik yaitu yoghurt, tempe, kefir, kimchi dll. Untuk ibu hamil sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu saat ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung probitik.

Baca juga artikel lainnya:

Perbedaan Kulit Berjamur dan Kulit Alergi

Bahaya Mengobati Luka Bakar Dengan Pasta Gigi

Penyebab Luka Lebih Lama Sembuh

Kenali Ruam Payudara Yang Gatal Sedini Mungkin