Trik Menghadapi Anak Yang Sulit Makan Sayur

Trik Menghadapi Anak Yang Sulit Makan Sayurwww.produsenobat.com,- Banyak anak yang sulit makan sayur. Jika hal ini terjadi pada anak Anda, segera antisipasi karena sayur merupakan makanan penting dan tidak diproduksi tubuh. Kurang mengonsumsi sayuran akan mengundang masalah kesehatan seperti susah buang air besar sampai obesitas. Berikut tips dari kami dalam menghadapi anak yang sulit makan sayur karena tumbuh gigi.

Trik Menghadapi Anak Yang Sulit Makan Sayur

Resep makanan untuk anak yang susah makan sayur

Membuat pasta dari sayuran
Sama halnya dengan anak susah makan dan minum susu maka makan sayur menjadi permasalahan yang kedua. terAnda bisa meracik spaghetti yang dicampur dengan bayam, beet, atau wortel sehingga menghasilkan spaghetti warna-warni. Mencampurkan sayuran dengan pasta bisa menjadi cara untuk menarik perhatian anak dalam mengonsumsi sayur. Dalam hal ini, orang tua memang harus kreatif dalam mengolah sayuran menjadi sesuatu yang disukai anak.

Membuat risoles isi sayur
Tampak dari luar, anak tidak akan tahu apa yang menjadi isian risoles. Anda bisa mencampurkan sayuran seperti wortel, brokoli, mentimun, atau kentang ke dalam adonan risoles. Untuk asupan proteinnya bisa ditambahkan ayam atau telur orak arik. Sayur yang bercampur dengan ayam maupun telur orak arik tentu ‘terpaksa’ akan dimakan oleh anak.

Sebaiknya tidak menyajikan sayur mentah
Anak susah makan umur biasanya terjadi pada usia anak 1, 2, sampai 3 tahun apalagi untuk makan sayuran. Kebanyakan anak mungkin tidak suka memakan wortel secara langsung. Oleh karena itu, Anda bisa menyajikannya dengan mengolahnya menjadi sayur yang dicampur dengan daging ayam. Hal tersebut bisa dilakukan jika menyajikan wortel mentah dirasa terlalu ‘ekstrem’.

Sajikan dalam bentuk unik
Anda bisa membuat sate sayur seperti menyusun tomat, wortel, mentimun, paprika, dan brokoli dalam satu tusuk. Dengan cara demikian, minimal anak tertarik untuk menyicipinya. Selain dibikin sate, bisa juga disajikan dalam bentuk hamburger. Biasanya tomat dan selada menjadi sayuran pelengkap hamburger. Ini akan menjadi solusi terbaik untuk anda dalam mengatasai anak susah makan setelah sakit juga.

Membuat jus sayur buah
Pada umumnya anak-anak lebih suka buah dibandingkan dengan sayur. Namun ada juga sebagian anak yang susah makan sayur dan buah sekaligus. Hal tersebut dikarenakan buah memiliki rasa yang lebih manis dan enak. Untuk mengantisipasi anak yang tidak suka sayur, Anda bisa membuat jus sayur buah. Misalnya membuat jus kiwi yang dicampur bayam atau jus jeruk campur wortel.

Menjelaskan manfaat memakan sayur
Secara perlahan sugestikan bahwa memakan sayur memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan. Tentunya penjelasannya pun dengan cara yang menyenangkan. Contohnya menirukan gaya popeye yang menjadi kuat setelah makan bayam. Apalagi ini akan menjadi trik jitu untuk mengatasi anak susah makan saat diare juga ternyata.

Jadi teladan untuk anak
Jika Anda ingin anak tidak sulit makan sayur, Anda pun sebaiknya mengonsumsi sayur bersama-sama. Sesekali misalnya saat akhir pekan, ajak anak untuk berkreasi bersama mengolah sayur menjadi makanan yang unik dan menarik untuk makan siang. Anak susah makan akan menyebabkan badan kurus dan kesehatannya terganggu. Maka dari itu sangat penting untuk para ibu menjadi teladan yang baik untuk anak-anaknya.

Baca juga:

Ketahui Resiko Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Snack

Hal Yang Membuat Anak Mudah Stres

Save

Save