Usir Nyamuk Secara Alami dengan Tanaman Ini

Usir Nyamuk Secara Alami dengan Tanaman Ini

Usir Nyamuk Secara Alami dengan Tanaman Ini

www.produsenobat.com – Nyamuk bisa jadi merupakan hewan yang sangat mengganggu. Sekali gigit, kulit langsung gatal dan bentol. Beberapa perusahaan telah menciptakan obat atau lotion pengusir nyamuk yang pada umumnya mengandung diethyl meta toluamide (DEET). Bahan ini adalah unsur kimia yang sebenarnya kurang baik untuk kesehatan. Nah, bagi Anda yang kurang suka menggunakan bahan kimia untuk mengusir nyamuk, bisa coba menggunakan alternatif lain dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk yang lebih aman untuk kesehatan juga sangat aman bagi bayi dan ibu hamil.

Sebelum menyebutkan tanaman apa saja yang bisa digunakan, kami akan menjelaskan mengenai bahaya obat pengusir nyamuk yang mengandung DEET. Pengusir nyamuk berupa spray maupun lotion memang menawarkan perlindungan terhadap nyamuk hingga 12 jam. Namun di sisi lain, bahan ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Seperti mengiritasi kulit bahkan sampai menimbulkan reaksi kulit yang parah. Penelitian lain menyebutkan bahwa bahan pengusir nyamuk juga bisa memberikan efek gangguan fungsi kognitif, insomnia, serta gangguan suasana hati. Terutama bagi mereka yang terpapar DEET dengan dosis tinggi. Tidak hanya anti nyamuk spray saat ini juga banyak beredar anti nyamuk elektrik dengan berbagai macam varian.

Bagi Anda yang tidak mau ambil risiko dengan efek samping obat atau lotion pengusir nyamuk botol, bisa memilih cara lain untuk mengusir nyamuk dengan lebih alami. Berikut kami sebutkan beberapa tanaman yang bisa Anda simpan di rumah untuk mengusir nyamuk secara alami:

Bunga tahi ayam (Tagetes erecta). Berdasarkan namanya, bunga ini memang mempunyai bau yang kurang sedap sehingga bisa mengusir nyamuk di lingkungan rumah. Anda bisa menanam bunga tahi ayam di pekarangan yang bisa menjadi pagar penghalang untuk membuat nyamuk pergi karena tidak suka dengan baunya. Tanaman pengusir nyamuk ini disinyalir sangat ampuh sebagai anti nyamuk alami yang bagi ibu hamil dan bayi.

Serai wangi. Dikenal dengan nama citronella, pengusir nyamuk alami serai wangi memang lebih segar untuk hidung manusia tapi tidak disukai nyamuk. Bentuk citronella tampak sama seperti rerumputan dengan tingga 1,5 meter yang bisa ditanam langsung di atas permukaan tanah.

Thyme. Sebuah penelitian membuktikan ekstrak thyme memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk seperti nyamuk malaria. Bagi Anda yang ingin membuat sendiri spray pengusir nyamuk alami, bisa mencampurkan 60 mililiter air dengan 5 tetes minyak thyme. Semprotkan ke bagian tubuh atau tempat yang banyak nyamuk. Pengusir nyamuk dengan memanfaatkan botol bekas yang berisi cairan dari campuran air dengan minyak thyme dinilai sangat ampuh.

Seledri. Sebuah uji klinis membuktikan bahwa ekstrak seledri bisa menjadi obat pengusir nyamuk yang sama efektifnya dengan DEET berkadar 25 persen.

Kayu manis. Daun kayu manis mengandung senyawa kimia bernama cinnamaldehyde. Dengan kadar cinnamaldehyde kurang dari 50 ppm, nyamuk beserta larva bisa dibasmi. Bisa disimpulkan bahwa bahan ini mampu membasmi nyamuk beserta bibit-bibitnya.

Lavender. Jika dilumatkan, bunga lavender bisa menghasilkan minyak yang berfungsi mengusir nyamuk. Cara menggunakannya, oleskan minyak tersebut pada anggota tubuh agar terhindar dari gigitan nyamuk. Anda juga dapat memanfaatkan pengusir nyamuk alami dari kulit jeruk selain baunya yang menyegarkan namun juga sangat ampuh mengusir nyamuk seketika.

Baca juga:

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Tidak Kunjung Sembuh

Manfaat Asam Jawa Untuk Mengobati Berbagai Penyakit