Waspadai Efek Samping Obat Tidur Jika Dikonsumsi Dalam Jangka Panjang

Waspadai Efek Samping Obat Tidur Jika Dikonsumsi Dalam Jangka Panjang www.produsenobat.com,- Beberapa orang yang mengalami sulit tidur biasanya mengonsumsi obat tidur agar bisa terlelap. Padahal sebaiknya saat Anda sering sulit memejamkan mata di malam hari alias insomnia, jangan terburu-buru memutuskan untuk mengonsumsi obat tidur karena obat tidur memiliki efek samping. Jika terlalu sering dimakan, efek sampingnya cukup berbahaya. Mulai dari diare sampai gangguan ingatan.

Waspadai efek Obat Tidur Dalam Jangka Panjang

Obat tidur memiliki berbagai varian sesuai dengan manfaat dan risikonya. Beberapa diantaranya bisa membuat siapapun yang memakannya bisa tidur lebih lama, beberapa membantu memudahkan untuk tidur. Secara umum terbagi menjadi dua sesuai dengan kandungan di dalamnya. Ada kelompok benzodiazepines yang mampu menenangkan sistem saraf pusat, ada pula kelompok non-benzodiazepines dengan efek samping yang cenderung lebih aman.

Untuk mendapatkan obat tidur yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Biasanya ada beberapa pertimbangan bagi dokter untuk memberikan obat tidur yang cocok dan sesuai dengan problem Anda. Diantaranya adalah pola tidur dan berbagai aktivitas lainnya, jenis, dosis, dan efek samping obat tidur. Selain itu, dokter biasanya juga memberikan tes untuk mendeteksi apakah ada kondisi lain yang menjadi latar belakang gangguan tidur atau tidak.

Jika ternyata Anda perlu obat tidur, dokter akan memberikan resep obat untuk jangka waktu tertentu dan selanjutnya akan melihat manfaat serta efek sampingnya. Saat mengonsumsi obat tidur namun ternyata tidak sesuai harapan, jangan langsung beralih mengonsumsi obat tidur jenis lain. Karena pada kasus tertentu, efek samping obat tidur untuk kesehatan cukup parah seperti sering bertingkah laku dan bertindak yang sulit dikontrol atau dikenal pula sebagai parasomnias. Orang dengan parasomnias tidak menyadari apa yang dilakukannya seperti berjalan dan makan sambil tidur.

Obat tidur juga berbahaya untuk orang mengidap penyakit tertentu seperti asma. Penderita bisa lebih sering sulit bernafas karena efek samping obat tidur. Begitu juga bagi orang yang memiliki gangguan ginjal, hipertensi, dan pernah memiliki riwayat kejang. Efek samping obat tidur untuk ibu hamil, wanita menyusui, juga bayi akan sangat beresiko berat.

Efek samping obat tidur dosis tinggi lainnya yang perlu Anda ketahui adalah nafsu makan menjadi berubah, susah buang air besar, sering buang angin, sering mengantuk di siang hari, merasa lemas, sakit kepala, mual, sulit menjaga keseimbangan, mulut dan tenggorokan terasa kering, nyeri ulu hati, tidak fokus, anggota badan sering bergetar tanpa alasan, detak jantung kurang teratur, bertambahnya berat badan, sampai menimbulkan ketergantungan. Untuk efek samping yang terakhir memang cukup parah. Tanpa obat tidur, bisa jadi orang tersebut semakin sulit tidur.

Baca juga:

Manfaat dan Risiko Posisi Tidur

Waspadai Hal Berikut Ini Jika Kurang Tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua

Save

Save